25.6 C
Jakarta
Kamis, 5 Agustus, 2021

Inflasi Januari 2021, Simak Prediksi Bank Indonesia

DuniaFintech.com – Bagaimana inflasi januari 2021? Tren inflasi januari 2021 diperkirakan Bank Indonesia (BI) masih akan terus berlanjut.

Perkiraan tren inflasi januari 2021 tersebut berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu kedua Januari 2021, inflasi diperkirakan sebesar 0,38% month to month (mom).

Erwin Haryono selaku Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI mengatakan bahwa dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi di bulan ini secara tahun kalender akan sebesar 0,38% year to date (ytd) dan secara tahunan sebesar 1,68% year on year (yoy).

Baca juga:

Cabai Jadi Pemicu Inflasi

Inflasi sendiri sering kali menjadi momok dalam perekonomian. Tingginya tingkat inflasi bahkan bisa berdampak pada ambruknya perekonomian suatu negara. 

Salah satu yang menjadi penyumbang utama inflasi berasal dari cabai rawit yang naik 0,09% mom. Selain cabai rawit, ada tempe, tahu mentah, dan cabai merah juga masing-masing naik 0,03% mom.

Tidak hanya itu, emas perhiasan dan tarif angkutan antarkota pun naik masing-masing sebesar 0,02% mom.

Terdapat pula peningkatan harga dari daging ayam ras, kacang panjang, ikan tongkol, ikan kembung dan nasi dengan lauk yang masing-masing sebesar 0,01% mom.

Komoditas yang Mengalami Deflasi

Namun di sisi lain terdapat beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga sehingga menyumbang deflasi, diantaranya komoditas telur ayam ras yang turun 0,04% mom dan bawang merah yang turun harga 0,01% mom.

Untuk rencana ke depan, Erwin mengatakan bahwa Bank Indonesia akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait dalam rangka memonitor secara cermat dinamika penyebaran Covid-19 serta dampaknya pada perekonomian Indonesia dari waktu ke waktu.

Bahkan, Bank Indonesia juga akan memperkokoh langkah koordinasi kebijakan lanjutan yang perlu ditempuh untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan, serta menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan berdaya tahan.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

Apa itu Blockchain? Ini Penjelasannya

Salah satu sistem komputerisasi dan internet yang berkembang adalah blockchain. Apa itu blockchain?  Sebagian besar dunia teknologi cryptocurrency seperti Bitcoin mengandalkan bentuk database dengan keunggulan mampu...

Situs Penghasil Bitcoin Gratis 2020 Terbukti Tanpa PHP

DuniaFintech.com - Terdapat berbagai macam cara untuk mendapatkan bitcoin bahkan tanpa deposit sekalipun. Menarik bukan? Berikut beberapa situs penghasil bitcoin gratis 2020 terpercaya dan...

Mengenal Dana, Dompet Digital Indonesia

Tidak mau kalah dengan para pendahulunya baik itu dari dalam ataupun luar negeri, ada startup fintech terbaru di tanah air yang sudah diperkenalkan kepada...

Mengenal Xendit : Payment Gateway dengan Beberapa Keunggulan

Xendit, adalah salah satu starup payment gateway yang berizin di Indonesia. Xndit payment gateway yang memiliki beberapa produk unggulan yang membantu bisnis di Asia...

Harga Bitcoin Hari Ini : BTC Menurun, Ethereum Sambut London Hardfork

Harga Bitcoin hari ini sudah memasuki penurunan, setelah rally lebih dari satu pekan dengan pemuncak Rp600 juta. Namun, berbeda dengan Ethereum yang terus menguat...
LANGUAGE