26.2 C
Jakarta
Jumat, 19 Agustus, 2022

Kementerian Industri Sebut Cloud Computing Solusi UKM Saat Pandemi

DuniaFintech.com – Kementerian Industri menilai pentingnya adopsi cloud computing serta berbagai manfaat yang terdapat dalam Internet of Things (IoT) oleh para pelaku UKM di sektor industri manufaktur, sebagai cara untuk menyintas pandemi COVID-19.

Direktur IKM, Logam, Mesin, Elektronika dan Alat Angkut Kementerian Perindustrian Ratna Utarianingrum menyebut pandemi yang memaksa untuk membatasi aktivitas serta menjaga jarak, membuat setiap orang perlu beradaptasi dengan manfaat teknologi.

Berita Terkait: Studi: Teknologi Cloud Computing Makin Dilirik Kalangan Pebisnis

“Ini yang menjadi concern Kemenperin guna menjaga proses bisnis industri khususnya UKM dengan memanfaatkan penggunaan teknologi berupa Cloud Computing maupun Internet of Things (IoT),”

Berita Terkini: Tokocrypto Buka Layanan Pinjaman Uang ala Blockchain

Ratna menilai adopsi cloud computing oleh UKM industri manufaktur menjadi terobosan baru dari pemanfaatan kemajuan teknologi. Ia pun menyebut beberapa kelebihannya, mulai dari keamanan digital yang digunakan, jaringan, pusat data dan server yang mumpuni.

Berita Terkait: Pasar Infrastruktur Cloud Terus Alami Peningkatan Selama 3 Tahun

“Pemanfaatan dari sistem IoT menghubungkan teknologi, informasi, dan komunikasi. Pemanfaatan dua sistem tersebut sangat berguna bagi kehidupan termasuk kegiatan bisnis. Betul sekali kalau sentuhan teknologi ini akan membawa dampak yang besar bagi bisnis, khususnya saat masa pandemi ini,”

Pemanfaatan Cloud Computing untuk UKM Industri Manufaktur

Ratna menyampaikan harapannya bahwa IoT dan cloud computing dapat diterapkan dalam sektor industri manufaktur. Ia pun menegaskan bahwa teknologi tersebut tidak hanya menyasar pada industri berskala besar yang terletak di wilayah perkotaan, namun juga rural areas.

“Kita masih memerlukan banyak provider teknologi cloud computing maupun IoT untuk menyelesaikan masalah industri manufaktur. Melalui S4I ini diharapkan dapat membentuk ekosistem solusi yang dapat menjembatani kebutuhan industri dan masyarakat,”

Berita Terkini: PayPal Merambah ke Dunia Aset Kripto. Bagaimana Cara Kerja Layanan Baru Ini?

Managing Director Datacomm Cloud Business Sutedjo Tjahjadi mengaku sudah menerapkan cloud computing sejak enam tahun lalu kepada bisnisnya. Teknologi tersebut menghadirkan efisiensi kerja serba praktis dan tidak perlu menggunakan infrastruktur yang besar. Ia menambahkan, teknologi tersebut dapat meminimalisir biaya pengeluaran perusahaan. 

“Era yang makin digital, komputer semakin menyentuh semua kehidupan kita terutama saat pandemi ini dan online menjadi suatu yang critical untuk dilakukan secara berkesinambungan dalam kehidupan kedepannya,”

DuniaFintech/Fauzan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Alasan Token ASIX tak Lolos Izin, Bappebti Beberkan Hal Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Token ASIX milik pesohor tanah air, Anang Hermansyah tak lolos izin dari Badan Pengawas Bursa Berjangka Komoditi (Bappebti). Hal ini lantas...

Bisa Dicoba! Inilah Pilihan Platform untuk Mining Ethereum

JAKARTA, duniafintech.com - Platform untuk mining Ethereum (ETH) penting diketahui, guna mendukung proses mining atau penambangan tersebut. Selain trading, cara mudah untuk mendapatkan kripto jenis...

Penambahan Modal BUMN, Erick: Jangan Dibilang Utang Lagi 

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan penjelasan gamblang mengenai rencana penambahan modal sejumlah BUMN  seperti PT Bank Tabungan...

Cara Top Up OVO lewat ATM Permata hingga Internet Banking

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat ATM Permata dan beberapa metode lainnya berikut ini perlu disimak oleh pengguna layanan ini. Kalau kamu sering...

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA dengan 6 Metode Termudah

JAKARTA, duniafintech.com – Cara cek tagihan kartu kredit BCA dengan beberapa metode termudah berikut ini tentunya penting untuk diketahui. Di samping kartu debit, Bank BCA...
LANGUAGE