31 C
Jakarta
Selasa, 28 Juni, 2022

Harga KIA Sportage Baru dan Bekas, Intip Yuk! 

JAKARTA, duniafintech.com – KIA Sportage merupakan salah satu mobil keluaran KIA yang juga dipasarkan di tanah air.

Sekalipun KIA tidak sepopuler vendor mobil lain, tetapi keberadaan dan jenis mobilnya lumayan menarik minat kalangan tertentu.

Penting diketahui, mobil ini merupakan jenis mobil asal Korea Selatan. Tentu saja, ada beberapa keunggulan dari mobil ini yang membuat Sportage layak dipertimbangkan sebagai mobil pribadi kamu.

Sekilas tentang Perusahaan KIA

Kendati baru dikategorikan sebagai mobil berjenis SUV kompak pada tahun 2004, tetapi jenis kendaraan yang diproduksi KIA ini sebenarnya telah hadir jauh sejak tahun 1993. Boleh disebut, posisi dari mobil satu ini sejajar dengan KIA dan Sorento sebagai andalan mobil SUV dari KIA.

Selama perjalanannya, KIA telah punya lima generasi sejak pertama kali hadir di tahun 1993, yang kala itu masih dikembangkan dengan basis yang sama seperti Mazda Bongo. Kemudian, 12 tahun berselang, generasi kedua hadir di tahun 2005 dan menggunakan platform yang serupa dengan Hyundai Tucson yang juga dikeluarkan di tahun tersebut.

Hal itu pun membuat banyak orang membandingkan antara spesifikasi dan harga Hyundai Tucson vs KIA Sportage. Selanjutnya, masing-masing generasi ketiga, empat, dan lima secara berurutan hadir pada tahun 2010, 2015, dan yang terbaru 2021 lalu.

Baca juga: Lexus LX 570, Segini Harga & Tarif Pajaknya

Spesifikasi Mobil

Pada KIA Sportage yang dirilis pada tahun kemarin, nyatanya ada tiga versi yang dimunculkan, yaitu versi untuk pasar di negaranya sendiri atau Korea Selatan, versi untuk pasar Eropa, dan terakhir untuk pasar Amerika Utara. Inilah spesifikasi lengkapnya.

  1. Dimensi mobil

Membahas lebih detail soal spesifikasi mobil KIA ini versi Korea Selatan, dilihat dari bentuk fisik dan tampilan, secara dimensi, mobil ini memiliki ukuran panjang 4.660 mm, lebar 1.864 mm, dan tinggi 1.660 mm.

Ukuran itu tentunya lebih besar dan gagah bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau generasi keempat sebab ada ukuran sekitar 180 mm lebih panjang, 10 mm lebih lebar, dan 25 mm lebih tinggi.

Selain itu, diketahui jua bahwa jarak pada bagian sumbu roda di generasi terbaru ini juga lebih memanjang sekitar 85 mm.

  1. Eksterior

Bagian eksterior dilihat dari desain mobil ini, yang didesain dengan penggunaan lampu LED mobil berjenis DRL LED yang berbentuk boomerang.  Ditambah lagi dengan bentuk depan mobil yang mengusung konsep “tiger nose”, membuat tampilan mobil ini jadi tampak lebih mencolok.

Sementara itu, sisi sampingnya serupa dengan mobil SUV, dilengkapi dengan fender yang bentuknya sedikit mencuat keluar. Di bagian belakang, bumper mobil ini cukup besar dan lebar, dipadukan dengan lampu LED belakang yang dibuat pipih.

  1. Interior

Tidak hanya soal interior, seri Sportage pun didesain dengan bagian interior yang tidak kalah modern dan menarik. Salah satu keunikannya terlihat jelas pada bagian dashboard. Pasalnya, tidak seperti dashboard umumnya, dashboard mobil ini menyatukan bagian head unit dengan speedometer.

Selain itu, ventilasi AC juga diposisikan secara sejajar dengan head unit dan speedometer. Keunikan lainnya juga ada pada transmisi mobil ini. Tidak seperti tuas transmisi umum, mobil ini mengganti tuas dengan tuas berbentuk lingkaran besar, serupa dengan tuas transmisi pada mobil BMW.

Adapun pengaturan AC mobil ini juga dapat menggunakan layar sentuh dan mobil ini pun telah dilengkapi dengan panoramic sunroof dengan jok mobil berbahan kulit atau suade.

  1. Mesin

Soal mesin, Sportage dari KIA generasi terbaru ternyata masih menghadirkan dua versi mesin, yakni bensin dan diesel. Untuk versi bensin, mesin yang diusung adalah 4-silinder TGDI turbo-charged 1.600 cc, yang memiliki tenaga 180 ps atau setara dengan 177 tk dan torsi 265 Nm.

Tenaga ini disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis dual clutch 7-percepatan (7DCT) dan manual 6-percepatan. Untuk versi diesel, mesin yang diusung memiliki kapasitas 2.000 cc 4-silinder Variable Geometry Turbo (VGT) bertenaga 186 PS atau setara 183 HP dan torsi 417 Nm. Lebih detailnya, tenaga ini disalurkan melalui girboks otomatis dengan 8-percepatan.

  1. Fitur keselamatan

Membahas lebih jauh soal sejumlah fitur, sudah pasti generasi terbaru akan terus memiliki kecanggihan yang tidak dimiliki generasi atau versi sebelumnya, termasuk dalam fitur keselamatan mobil.

Varian Sportage terbaru diketahui punya empat pilihan mode berkendara yang terdiri dari pengaturan otomatis, salju, lumpur, dan pasir. Selain itu, ragam fitur canggih yang dimiliki juga hadir dalam bentuk Electric Control Suspension (ECS), drive mode dengan terrain mode, Highway Driving Assist (HDA), dan Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC).

Dari segi keamanan, terdapat juga fitur Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind Spot Collision Aviodance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM) dan Remote Smart Parking Assist (RSPA).

Keunggulan dan Kelemahan

  1. Keunggulan

Salah satu keunggulan mobil ini terletak pada desainnya yang kekinian. Sekilas, baik dari eksterior maupun interiornya, bisa dinilai bahwa mobil ini adalah mobil yang modern. Selain itu, mobil ini juga memiliki keunggulan lain berikut ini:

  • Kapasitas kabin luas untuk 5 penumpang
  • Material interior modern dan berkualitas
  • Irit bahan bakar
  • Mesin mobil lebih responsif
  • Kapasitas bagasi yang luas
  1. Kelemahan

Di satu sisi, juga ada kelemahan mobil ini yang sebaiknya dijadikan pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk membeli mobil ini, di antaranya:

  • Servis resmi yang terbatas, tidak semua kota punya bengkel mobil KIA terdekat
  • Harga jual kembali cepat mengalami penurunan
  • Suspensi mobil keras
  • Sparepart cukup langka

Baca juga: Nissan Teana — Spesifikasi hingga Daftar Harganya

KIA Sportage

Harga KIA Sportage

Harga mobil ini berbeda-beda untuk setiap versinya. Versinya adalah versi Korea Selatan, versi Amerika Serikat (AS), dan versi Eropa.

  1. Harga baru

Pada versi Korea Selatan, mobil ini telah dikeluarkan mulai dari edisi tahun 2021—2022. Rentang harganya mulai dari Rp344,6 juta untuk versi terendah hingga Rp506,4 juta untuk versi tertinggi.

Berbeda dengan versi Korea Selatan, untuk versi pasar AS sendiri diketahui terdapat empat versi dengan beragam harga mobil KIA yang berbeda. Dimulai dengan harga yang hampir sama untuk versi terendah, tetapi untuk varian tertinggi harga yang dibanderol rupanya tidak melampaui angka Rp500 juta layaknya versi tertinggi di Korea Selatan. Berikut ini daftar harganya:

  • LX : 24.090 dolar AS (Rp344,18 juta)
  • Nightfall Edition : 28.090 dolar AS (Rp401,33 juta)
  • EX : 28.390 dolar AS (Rp405,62 juta)
  • SX Turbo : 33.750 dolar AS (Rp482,20 juta)

Untuk harga di pasar Eropa, terdapat perbedaan tersendiri, yakni untuk versi terbaru keluaran Eropa, harga yang dibanderol bagi varian terendahnya ternyata berada di kisaran Rp438,58 juta—Rp630,45 juta.

  1. Harga bekas

Kalau melihat harga versi baru yang cukup mahal maka pilihan paling tepat bagi peminat otomotif yang mungkin memiliki ketertarikan terhadap mobil ini, yaitu dengan membeli versi seken atau bekas.

Ditambah lagi, dengan pilihan varian atau versi yang beragam berdasarkan tahun keluarannya, harga yang didapat bisa lebih bervariatif. Berikut gambaran harganya:

  • Keluaran tahun 2011: Rp115 juta—Rp128 juta
  • Keluaran tahun 2012: Rp130 juta—Rp139 juta
  • Keluaran tahun 2013: Rp133,5 juta—Rp160 juta
  • Keluaran tahun 2014: Rp149 juta—Rp175 juta
  • Keluaran tahun 2017: Rp330 juta—Rp360 juta

Baca juga: Daftar Mobil SUV Terbaik saat Ini & Harganya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Editor: Rahmat Fitranto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Komisi VI DPR Setuju, Waskita Karya Dapat ‘Dana Segar’ Rp 3 Triliun pada 2022

JAKARTA, duniafintech.com - Komisi VI DPR RI menyetujui kucuran penyertaan modal negara atau PMN untuk PT Waskita Karya (Persero) Tbk senilai Rp 3 triliun...

Ford Ecosport — Harga hingga Besaran Pajaknya

JAKARTA, duniafintech.com – Mobil Ford Ecosport merupakan salah satu contoh mobil SUV yang mempunyai harga yang terjangkau.  Seperti diketahui, mobil SUV selama ini selalu dijual...

Wajib Diketahui, Ini Manfaat Sistem Akad Musyarakat di P2P Lending Syariah

JAKARTA, duniafintech.com - Konsep dari sistem pendanaan P2P LendingSyariah di era modern seperti sekarang mampu memberi poin terbaik. Pada banyak kebutuhan pinjaman dengan sistem...

Sebut Harga Pertalite dan Pertamax Harusnya Rp30 Ribu per Liter, Ini Alasan Pemerintah

JAKARTA, duniafintech.com – Harga keekonomian Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk RON 90 (Pertalite) dan 92 (Pertamax) seharusnya sekarang ini mencapai Rp30 ribu/liter. Hal itu sebagaimana...

Fitur Baru, Instagram Bakal Lakukan Verifikasi Umur Menggunakan Video Selfie

JAKARTA, duniafintech.com - Instagram tengah melakukan uji coba untuk melakukan verifikasi umur pengguna dengan cara baru. Nantinya, setiap pengguna Instagram diminta melakukan verifikasi umur yang...
LANGUAGE