32.9 C
Jakarta
Minggu, 2 Oktober, 2022

Kode Verifikasi Akulaku tidak Muncul? Begini Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Kode verifikasi Akulaku tidak muncul? Jangan langsung panik ya sebab kamu akan segera tahu cara untuk mengatasinya.

Saat kamu berselancar di situs jual beli Shopee, Bukalapak, Lazada, dan e-commerce lainnya, tentunya ada banyak barang yang ingin sekali kamu miliki. Perlu diketahui, saat ini sudah tersedia layanan kredit online bernama Akulaku yang siap membantu kamu untuk mendatangkan barang itu dengan sistem pembayaran cicilan.

Sebagai informasi, Akulaku adalah salah satu layanan kredit online terbaik di Indonesia saat ini. Di platform ini, tersedia limit cicilan hingga jutaan rupiah bagi para pengguna setianya. Akan tetapi, untuk menyelesaikan transaksi cicilan dengan Akulaku, kamu terlebih dahulu akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi.

Baca juga: Resi Akulaku tidak Bisa Dilacak? Inilah Cara Mengatasinya

Kode ini nantinya akan muncul di tahap akhir transaksi. Akan tetapi, bagaimana jadinya kalau kode verifikasi yang menjadi syarat utamanya ini tidak kunjung muncul? Nah, pada kasus ini, ada beberapa faktor yang menjadi alasan.

Penasaran ya apa saja penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Simak yuk ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kode Verifikasi Akulaku?

Kode Verifikasi Akulaku adalah lima (5) digit angka rahasia yang dikirimkan oleh Akulaku ke nomor pengguna. Kode verifikasi ini wajib untuk dimasukkan dalam proses Login atau tahap akhir transaksi belanja di Shopee maupun merchant lainnya dengan menggunakan Akulaku.

Adapun kode ini wajib kamu minta sebagai pengguna. Setelah itu, kurang lebih 15 detik kemudian, akan muncul SMS berisi kode tersebut.

Penyebab Kode Verifikasi Akulaku tidak Muncul

Lazimnya, kode verifikasi Akulaku ini muncul tidak lama setelah pengguna menekan tombol kirim. Akan tetapi, jika kode verifikasi ini tidak muncul maka transaksi tidak dapat dilanjutkan.

Di samping itu, masalah ini pun bisa membuat kamu jadi tidak bisa login Akulaku. Lantas, apa saja faktor yang mungkin menjadi alasan kode verifikasi Akulaku tidak muncul? Berikut ini penjelasannya.

1. Tidak Mempunyai Pulsa

Pertama, hal ini bisa disebabkan oleh nomor HP yang terhubung dengan Akulaku tidak mempunyai pulsa. Sebagai informasi, untuk mendapatkan kode verifikasi Akulaku, setidaknya nomor HP kamu wajib punya pulsa minimal Rp500. Kalau tidak maka kode itu tidak akan muncul.

2. Provider Mengalami Gangguan

Masalah kode verifikasi yang tidak muncul ini pun bisa terjadi saat provider atau operator seluler yang kamu gunakan sedang mengalami gangguan.

3. Gangguan Aplikasi

Kalau provider tidak bermasalah maka boleh jadi penyebab kode verifikasi Akulaku tidak kunjung diterima bisa berasal dari gangguan aplikasi Akulaku itu sendiri. Umumnya, saat sedang ada maintenance, pihak Akulaku akan menginformasikan hal itu via media sosial resmi mereka (Facebook dan Twitter) bahwa untuk sementara waktu, layanan Akulaku tidak bisa digunakan, termasuk tidak mengirimkan kode verifikasi ketika ingin melakukan cicilan di Shopee.

kode verifikasi akulaku tidak muncul

Cara Mengatasi Kode Verifikasi Akulaku tidak Muncul

Setelah mengetahui beberapa penyebab kode verifikasi Akulaku tidak muncul, tentunya kamu pun penasaran dengan cara menangani masalah tersebut. Inilah beberapa solusi agar kode verifikasi Akulaku bisa muncul yang perlu kamu coba.

1. Minta Ulang Kode Verifikasi

Pertama, kamu bisa meminta ulang kode verifikasi hingga kode itu dikirimkan via SMS. Cara yang satu ini lumayan efektif untuk mengatasi masalah tersebut, yang terjadi akibat adanya gangguan pada provider.

Baca juga: Cara Undang Teman BNC Neo Now Akulaku dan Keuntungannya

Gangguan ini bisa berupa sinyal yang buruk dan sejenisnya. Namun, sebelum itu, pastikan pula bahwa pulsa di nomor HP kamu mencukupi untuk menerima kode verifikasi.

2. Hapus Cache Aplikasi

Cara berikutnya, yakni dengan membersihkan file sampah (cache) dari aplikasi Akulaku. Proses ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah seperti berikut ini:

– Buka menu Pengaturan.

– Lalu pilih menu APL/Aplikasi.

– Setelah itu pilih Kelola Aplikasi.

– Kemudian carilah aplikasi Akulaku.

– Tap menu Hapus Data -> Bersihkan Cache.

– Setelah menghapus cache, kode verifikasi biasanya akan segera muncul.

3. Kirim Email ke CS Akulaku jika Kode Verifikasi Akulaku tidak Muncul

Nah, sekiranya kedua cara tadi masih belum berhasil untuk membuat kode verifikasi Akulaku muncul, cara terakhir yang bisa kamu tempuh adalah dengan membuat laporan ke email CS Akulaku. Silakan kamu kirim email ke [email protected] dengan isi pesan sebagai berikut:

Nama Pengguna: silakan isi dengan nama kamu

Mohon bantuannya, kenapa kode verifikasi Akulaku tidak muncul saat ingin melakukan transaksi pembelian di (nama merchant) pakai Akulaku. Setelah meminta ulang kode verifikasi tetap juga tidak muncul. Terimakasih.

Nantinya, setelah email terkirim kurang lebih 5 menit, pihak Akulaku akan merespons laporan kamu dan segera mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP kamu. Kalau sudah maka selanjutnya silakan input kode verifikasi yang muncul untuk menyelesaikan transaksi yang sedang dilakukan.

Sekian ulasan tentang kode verifikasi Akulaku tidak muncul yang perlu kamu ketahui. Selamat mencoba dan semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Memilih Jasa Pengiriman di Akulaku dengan Mudah

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Kartu Debit Mandiri: Jenis-jenis hingga Cara Membuatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Kartu debit Mandiri senantiasa memberikan kemudahan dalam bertransaksi di banyak tempat dan di waktu kapan saja. Sebagai informasi, kalau dibandingkan dengan uang...

Call Center Allianz Asuransi dan Layanan Pengaduannya

JAKARTA, duniafintech.com – Call Center Allianz asuransi dan layanan pengaduannya tentu penting diketahui oleh para pemilik polis/nasabahnya. Seperti diketahui bersama, Allianz Indonesia menjadi salah satu...

Jenis-jenis Mining Bitcoin, Bisa Dilakoni Buat Mendulang Cuan! 

JAKARTA, duniafintech.com - Mining atau menambang bitcoin ada berbagai jenis juga lho. Ini perlu diketahui bagi seorang investor crypto. Karena selain trading, ada cara...

Wow, Hampir Rp 1 Triliun Bitcoin Dibekukan Terkait Kasus Bos Terra Luna

JAKARTA, duniafintech.com – Otoritas Korea Selatan meminta dua platform jual beli kripto untuk membekukan Bitcoin senilai US 60 juta dollar yang terkait dengan Bos...

Asuransi Rumah Tinggal Terbaik, Ini 5 Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi rumah tinggal, apa itu? Adapun rumah tinggal adalah tempat beristirahat hingga berkumpul bersama keluarga. Fungsi rumah tinggal ini membuat siapa pun...
LANGUAGE