26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Investasi Jangka Panjang, Ini Koin Kripto yang Akan Naik 2022

JAKARTA, duniafintech.com – Koin Kripto yang akan naik cocok jadi pilihan investasi jangka panjang. 

Koin kripto yang diprediksi akan naik tahun ini ada beragam jenis. Meskipun saat ini pasar kripto tengah lesu dihantam berbagai sentimen negatif, namun jumlah investor di tanah air justru terus tumbuh. 

Kekinian, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengadopsi kripto sebagai instrumen investasi terbesar di dunia. Jumlahnya pun cukup fantastis. 

Angka ini menunjukan bahwa aset kripto masih menjadi primadona masyarakat Indonesia, bahkan dunia. Mari kita simak ulasan mengenai koin kripto yang akan naik 2022.

Pengertian Investasi Kripto

Melansir dari Investopedia, cryptocurrency atau mata uang kripto adalah sebuah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh cryptography. Dengan adanya cryptography, mata uang digital ini menjadi hampir tidak mungkin dipalsukan.

Pencatatan semua transaksi yang dilakukan tersimpan pada teknologi yang dinamakan blockchain. Blockchain tersebar luas antara satu komputer dengan komputer lain dan terkoneksi di dalam satu jaringan yang tersebar luas sehingga tidak terpusa pada satu tempat, atau dikenal dengan istilah desentralisasi.

Baca jugaPlatform Investasi Kripto Terpercaya, Nomor Satu Punya 5,5 Juta Member

Sederhananya, crypto adalah mata uang digital yang dapat digunakan untuk transaksi antar pengguna tanpa perlu melewati pihak ketiga.

Selain digunakan sebagai alat transaksi, banyak pengguna yang memanfaatkan cryptocurrency sebagai instrumen investasi. Hal ini disebabkan oleh naik turunnya nilai mata uang virtual tersebut yang dijadikan sebagai sarana trading. 

Di sini juga berlaku hukum penawaran dan permintaan (supply-demand). Artinya, semakin banyak orang yang menanamkan modalnya pada cryptocurrency, nilainya akan semakin tinggi tentunya. 

Di Indonesia sendiri aset kripto yang dikategorikan sebagai emas digital telah mendapatkan legalitas hukum melalui Peraturan Badan Pengawasan Perdagangan Komoditi atau Bappebti.

Koin Kripto yang Akan Naik

Koin Kripto yang Diprediksi Akan Naik 2022

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini terdapat 7 koin kripto yang diprediksi akan naik dan peluangnya menjanjikan di tahun ini. Di antaranya: 

1. Bitcoin (BTC) – Koin Kripto yang Akan Naik

Kendati tahun 2022 ini diwarnai pasang surut harganya, Bitcoin masih akan menjanjikan di tahun ini. Secara year-to-date, harga BTC telah naik 70 persen. 

Tak mengherankan kalau Coinmarketcap menempatkan BTC tersebut di urutan pertama sebagai aset kripto yang menjanjikan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia. 

2. Ethereum (ETH) – Koin Kripto yang Akan Naik

Koin kripto terbesar kedua di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar ini masih akan menjanjikan tahun ini lho. Sebab Ethereum adalah sistem blockchain terdesentralisasi favorit para pengembang cryptocurrency.

Baca jugaInvestasi Kripto Terpercaya bagi Pemula, Coba 5 Aplikasi Ini

Selama lima tahun terakhir ETH telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa. Hanya dalam waktu lima tahun, harganya telah naik 42 ribu persen. 

3. Tether

Tether (USDT) merupakan stablecoin yang nilainya 1:1 dengan mata uang fiat dolar AS. Karena merupakan stablecoin, secara teori banyak ahli yang menilai bahwa Tether (USDT) seharusnya memiliki nilai yang lebih konsisten daripada cryptocurrency jenis lain. 

Oleh sebab itu, Tether i i cocok sebagai pilihan investasi di 2022 karena tingkat volatilitasnya cenderung lebih rendah ketimbang aset kripto jenis lainnya.

4. Solana – Koin Kripto yang Akan Naik

Selanjutnya, ada Solana (SOL) yang merupakan platform blockchain publik yang menggunakan mekanisme proof of stake. SOL telah menjadi pemain top pada tahun 2021 lalu, naik melalui jajaran altcoin untuk menjadi cryptocurrency paling berharga kelima di dunia.

Karena memiliki pertumbuhan nilai yang positif tersebut, kamu bisa beli aset kripto Solana sebagai pilihan investasi terbaik pada tahun ini. 

5. Polkadot

Polkadot (DOT) adalah protokol open-source sharding multichain, yang memfasilitasi transfer lintas rantai (cross-chain) dari data atau jenis aset apa pun.

Dengan nilai kapitalisasi sebesar Rp346 triliun, Polkadot (DOT) menempati posisi ke-11 sebagai aset kripto terkemuka di CoinMarketCap. Karena itu Polkadot (DOT) bisa menjadi salah satu pilihan aset kripto terbaik di 2022 ini. 

6. Cardano (ADA)

Kemudian Cardano (ADA), merupakan satu proyek blockchain terbesar di dunia yang disebut “Green Blockchain” karena penggunaan energi yang minim. Belum lama ini, Cadaro mendapatkan dukungan investasi senilai US$100 juta. 

7. Avalanche/AVAX

Lalu Avalanche merupakan salah satu koin terpopuler saat ini. Koin ini bersaing cukup ketat dengan Dogecoin (DOGE) dan menjadi salah satu dari 10 cryptocurrency terbesar di dunia. Karena itu koin ini menjadi alternatif cukup baik pada 2022 INI. 

Itulah ulasan seputar koin Kripto yang diprediksi akan naik pada tahun 2022 ini juga. Meski pasar kripto tengah lesu, namun peminat kripto tumbuh signifikan lho. Semoga informasi bermanfaat buat Anda ya.

Baca jugaInvestasi Kripto Terpercaya, Ini 9 Aplikasi Bitcoin Terbaik

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE