32.1 C
Jakarta
Sabtu, 20 Juli, 2024

Kripto Libra Milik Facebook Ganti Nama jadi Diem! Ini Artinya

DuniaFintech.com – Mata uang kripto Libra milik Facebook berganti nama menjadi Diem. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak Facebook setelah beredar kabar soal waktu peluncuran.

Lansiran Reuters pada Rabu (2/12/2020) menyebutkan alasan pergantian nama oleh Facebook merupakan upaya untuk mengantongi izin peluncuran dari regulator. Hal ini merujuk pada proyek cryptocurrency Facebook di April 2019.

Seperti diketahui, proyek tersebut tidak disambut baik para regulator dan bank sentral di sejumlah dunia. Oleh karenanya, CEO Asosiasi Diem, Stuart Levey menilai langkah yang diambil menjadi tepat guna.

“Perubahan nama itu bagian dari langkah penekanan struktur yang lebih sederhana,”

Mengacu pada nama Diem, dapat diartikan bahwa kata tersebut berasal dari bahasa Latin, yang berarti hari. Levey mengungkapkan, tujuan awal dari langkah tersebut ialah untuk mendapatkan dukungan dari mata uang Dollar Amerika Serikat.

“Nama sebelumnya (Libra) terikat pada iterasi awal proyek yang tak mendapat sambutan hangat dari regulator. Kami telah mengubah itu,”

Baca juga:

Facebook Libra Masih Enggan Sebutkan Tanggal Rilis

Hingga saat ini, Levey menolak mengungkapkan rincian waktu peluncuran. Namun, Financial Times melaporkan bahwa Diem akan merilis produknya pada Januari.

Meski berganti nama, Facebook masih tetap tergabung dalam Asosiasi Diem bersama 27 anggota lainnya. Seperti diketahui, anggota tersebut terdiri dari perusahaan-perusahaan besar.

Pada April lalu, Asosiasi Libra merombak visinya untuk mengatasi kekhawatiran regulator. Mereka pun berjanji akan membatasi cakupannya dan melakukan tindakan ekstra untuk mengawasi sistemnya dari penyalahgunaan. Kabar ini beredar saat Bitcoin dalam tren meningkat senilai USD 20.000 per koin. Hal ini dianggap sebagai bentuk meningkatnya ketertarikan investor pada koin digital.

DuniaFintech/Fauzan

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU