30 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Lintasarta Punya Solusi Kembangkan Bank Pembangunan Daerah

JAKARTA, duniafintech.com – Lintasarta, perusahaan Information and Communication Technology (ICT) total solutions, bersama PT Artajasa Pembayaran Elektronis (Artajasa), perusahaan pelopor sistem pembayaran di Indonesia dan prinsipal layanan ATM Bersama, mengadakan kegiatan panel diskusi bertajuk “Grow Your Business Through Digital Card” yang dihadiri oleh lebih dari 30 perusahaan yang terdiri dari Bank Pembangunan Daerah (BPD), bank swasta, perusahaan penyedia kartu kredit hingga asosiasi.

“Melihat peningkatan tren pascapandemi, perubahan perilaku masyarakat Indonesia kini cenderung melakukan proses transaksi secara nontunai. Dengan demikian, sudah saatnya kita lebih gencar mendukung pengembangan elektronifikasi transaksi keuangan daerah dalam rangka mendorong digitalisasi pemerintah daerah,” kata Ginandjar, Direktur Marketing & Solutions Lintasarta.

Ginandjar menambahkan, melansir dari survei yang dilaksanakan oleh Bank Standard & Chartered pada tahun 2020, sebagian besar (80%) responden berharap bahwa Indonesia akan sepenuhnya beralih ke nontunai dan kemungkinan akan terjadi sebelum 2025.

Kecenderungan akan nontunai di Indonesia ini jauh lebih tinggi dibandingkan tren global. Dari 12.000 responden di 12 negara yang disurvei, sebagian besar memang ingin pindah ke pembayaran nontunai. Namun, hanya 64% responden global yang berharap peralihan ini terjadi.

Baca juga: Mudah Kok, Begini Cara Tarik Tunai Kartu Kredit BCA

Hasil survei ini didukung pula oleh data yang dimiliki oleh Standard & Chartered sendiri, yang menyebutkan bahwa penggunaan ATM di seluruh dunia semakin berkurang (kecuali di Amerika Serikat dan Inggris). Artinya, kebutuhan terhadap uang tunai juga menurun.

Pada kegiatan yang sama, Dr. Indrawan Nugroho selaku CEO & Co-founder Corporate Innovation Asia mengatakan hal yang serupa.

“Perubahan inovasi pembayaran nontunai semakin berkembang di Indonesia. Tren awal yang dimulai dengan e-money atau uang elektronik seperti GoPay, OVO, dan Dana, kini mulai bergeser ke QRIS karena satu dan lain hal. Ini menyebabkan penggunaan uang tunai makin kehilangan peminat dan menuntut bank untuk lebih adaptif. Nasabah akan terus mencari alternatif pembayaran nontunai yang lebih fleksibel dan aman tentunya,” kata Indrawan.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Mandiri, Pilih Sementara atau Permanen?

Melihat kecenderungan masyarakat untuk beralih ke nontunai serta potensi alat pembayaran kartu, sudah seharusnya bank mempertimbangkan investasi untuk penawaran produk kartu kredit. Namun, pada kenyataannya, bank sering kesulitan karena harus melakukan investasi awal yang cukup besar dan biaya operasional yang cukup tinggi.

Untuk itu, Lintasarta menghadirkan solusi teranyar dan pertama di Indonesia, yaitu Third Party Card Management (TPCM) yang bisa dimanfaatkan oleh bank dan lembaga lainnya yang ingin menawarkan produk kartu kredit. Lintasarta menyediakan solusi pengelolaan kartu dengan modul yang komprehensif, dan terhubung dengan berbagai jaringan pembayaran internasional (Visa dan MasterCard).

Lintasarta TPCM menyediakan Card Software yang telah berstandar PA DSS (Payment Application Data Security Standard), Infrastruktur lengkap (AS400, App Servers, Connectivity, dan Security), dan Business Process Operations yang menjalankan operasional proses bisnis kartu kredit pada sektor teknologi.

Lintasarta akan terus membantu pemerintah dan para pelaku bisnis di Indonesia dengan menyediakan solusi-solusi ICT guna mengembangkan ekonomi Indonesia dan mencari strategi terbaik bagi industri keuangan, agar mampu beradaptasi di tengah kompetisi yang semakin ketat dan kebutuhan nasabah yang meningkat.

Baca juga: Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri Paling Praktis, Coba 5 Metode Ini

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Tambah Daya PLN lewat Mandiri, Bisa Online Loh!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar tambah daya PLN lewat Mandiri berikut ini sangat penting diketahui agar nantinya bisa memudahkan prosesnya. Seperti diketahui, listrik adalah salah...

Berita Bitcoin Hari Ini: BTC Menguat Tipis, Dalam Sepekan Melesat

JAKARTA, duniafintech.com - Berita Bitcoin hari ini datang dari pergerakan Bitcoin atau BTC yang masih terus bergairah. Meskipun naik tipis, namun BTC berada di...

Airdrop Crypto Adalah: Pengertian dan Cara Mendapatkannya

JAKARTA, duniafintech.com - Istilah-istilah dalam dunia cryptocurrency mesti Anda pahami juga, salah satunya Airdrop Crypto. Airdrop crypto adalah aset kripto yang diberikan secara gratis pada...

Aktivasi SPinjam Shopee Ditolak? Gampang Kok Mengatasinya!

JAKARTA, duniafintech.com – Aktivasi SPinjam Shopee ditolak? Kamu tidak perlu khawatir ya sebab dalam ulasan kali ini akan dijelaskan cara mengatasinya. Shopee sendiri merupakan salah...

Waduh Makin Panas! Elon Musk Tantang CEO Twitter Debat Terbuka

JAKARTA, duniafintech.com - Kisruh antara Elon Musk dan Twitter nampaknya masih terus berlanjut. Kekinian, persoalan itu disinyalir makin panas. Elon Musk menantang Chief Executive Officer...
LANGUAGE