24.3 C
Jakarta
Senin, 8 Agustus, 2022

Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri? Begini Cara Mengatasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Apakah kamu pernah lupa PIN Kartu Kredit Mandiri? Tenang saja ya sebab di bawah ini kamu akan mendapatkan ulasannya.

PIN sebuah kartu kredit memang sangat dibutuhkan saat ini sebab pemerintah pun sudah memberlakukan peraturan yang menyatakan bahwa semua transaksi menggunakan kartu kredit harus menggunakan PIN.

Maka dari itu, saat terjadi masalah lupa PIN kartu kredit, hal itu tentu saja akan sangat berpengaruh dan mengganggu transaksi penggunanya. Sebagaimana diketahui bersama, Bank Mandiri adalah satu dari sekian banyak bank yang didirikan oleh pemerintah Indonesia untuk menunjang perekonomian negara.

Layanan-layanan dari bank pelat merah ini pun sudah banyak digunakan oleh masyarakat dan menjadikannya sebagai satu dari sekian bank dengan pangsa pasar terbesar di Indonesia. Salah satu layanan dengan jumlah peminat tinggi dari bank BUMN ini adalah kartu kredit, yang memberikan banyak kelebihan dan keuntungan.

Baca juga: Cara Bayar Kartu Kredit Mandiri Paling Praktis, Coba 5 Metode Ini

Kartu kredit Mandiri sendiri sudah menjadi salah satu layanan kartu kredit terbaik di Indonesia. Selayaknya layanan bank lainnya, kartu kredit Mandiri sudah menerapkan penggunaan wajib PIN dalam setiap transaksinya.

Adapun nomor Identifikasi Pribadi atau lebih dikenal dengan istilah Personal Identification Number (PIN) ini adalah sebuah kode pengaman berbentuk deretan sejumlah angka. Untuk PIN kartu kredit sendiri biasanya berjumlah 6 digit.

Nah, saat seorang nasabah membuat kartu kredit Mandiri, selanjutnya ia harus melakukan aktivasi kartunya dan request PIN ke bank terkait. Proses aktivasi ini dilakukan dengan tujuan supaya kartu kredit bisa dipakai untuk transaksi.

Sementara itu, PIN hasil request bakal digunakan dalam proses pembuatan PIN pribadi pengguna. Nah, setelah mendapat PIN hasil request itu, sebaiknya kamu langsung membuat PIN pribadi supaya tidak terjadi penyalahgunaan kartu kredit oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Seperti halnya dengan melakukan proses buat PIN, saat nantinya kamu sebagai pengguna kartu kredit Mandiri mengalami kejadian lupa PIN, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah melakukan request PIN.

Dengan cara ini, secara otomatis pihak Bank Mandiri akan melakukan reset PIN kartu kredit kamu. Lantas, PIN hasil reset akan dikirimkan kembali sebagai kode untuk pembuatan ulang PIN pribadi kamu.

lupa pin kartu kredit mandiri

Cara Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri

Sebagai pengguna kartu kredit Mandiri, kamu pun sebaiknya mengetahui cara untuk masalah lupa PIN. Adapun semua cara mengatasi lupa PIN di bawah ini akan menggunakan layanan SMS sehingga kamu harus menggunakan nomor yang terdaftar di sistem bank Mandiri. Nomor itu biasanya adalah nomor HP saat kamu membuka rekening. Berikut ini penjelasannya.

1. Menggunakan Mandiri Call

– Pertama, kirim SMS ke nomor 3355 untuk mendapatkan kode OTP.

– Format SMS tersebut adalah OTPCC[spasi]16 Digit Nomor Kartu Kredit kamu. Contoh SMS: OTPCC 5572404036669821.

– Tunggu hingga memperoleh SMS balasan berisi kode OTP.

– Setelah mendapatkan kode OTP, hubungi Mandiri Call dengan menelepon ke nomor 14000.

– Jika sudah terhubung maka masukkan 16 digit nomor kartu kredit dan juga tanggal lahir.

– Lanjutkan dengan menekan angka 2 untuk membuat PIN pribadi baru.

– Selanjutnya masukkan kode OTP.

– Kemudian buatlah PIN baru sesuai keinginan.

– Masukkan sekali lagi PIN baru tersebut sebagai proses konfirmasi.

– Selesai!

2. Mengatasi Lupa PIN Kartu Kredit Mandiri via ATM

– Pertama, kirim SMS ke nomor 3355 untuk mendapatkan kode OTP.

– Format SMS tersebut adalah OTPCC[spasi]16 Digit Nomor Kartu Kredit kamu. Contoh SMS: OTPCC 5572404036669811

– Tunggulah hingga memperoleh SMS balasan berisi kode OTP.

– Setelah mendapatkan kode OTP, pergilah ke ATM Mandiri terdekat.

– Selanjutnya, masukkan kartu kredit ke mesin ATM.

– Di layar ATM akan muncul tampilan “Masukkan PIN“ lalu masukkan kode OTP.

– Kemudian pilih menu “Buat PIN“.

– Lalu masukkan kode OTP sekali lagi.

– Selanjutnya, buatlah PIN baru sesuai keinginan.

– Masukkan sekali lagi PIN baru tersebut sebagai proses konfirmasi.

– Selesai!

3. Menggunakan SMS

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Mandiri, Pilih Sementara atau Permanen?

– Pertama, kirim SMS ke nomor 3355 untuk mendapatkan kode OTP.

– Format SMS tersebut adalah REQPIN[spasi]CC[spasi]16 Digit Nomor Kartu Kredit kamu. Contoh SMS: REQPIN CC 5572404036669881

– Tunggulah hingga memperoleh email dari [email protected] berisi lampiran file secure epin.pdf.

– Selain email, kamu akan menerima SMS balasan dari 3355 berisi password untuk mengakses file tersebut.

– Selanjutnya, buka file itu dengan password tadi.

– Catatan: kode OTP dan password dari 3355 hanya dapat digunakan satu kali dan berlaku hingga pukul 23.59 pada hari yang sama.

Call Center Mandiri Kartu Kredit

Kalau cara mengatasi lupa PIN di atas tidak berhasil maka kamu pun selanjutnya bisa menghubungi Call Center Mandiri.

Silakan langsung menghubungi Call Center Mandiri dengan menelepon nomor 14000 atau (021)-52997777.

Kombinasi PIN Kartu Kredit yang Aman

Sebagai tambahan, PIN kartu kredit terbaik adalah PIN yang punya tingkat keamanan tinggi, tetapi gampang diingat. Berikut ini beberapa tips untuk membuat kombinasi PIN kartu kredit paling aman dan mudah diingat.

1. Jangan Gunakan Tanggal Lahir

Kalau menggunakan tanggal lahir kamu dan orang terdekat sebagai PIN supaya mudah untuk diingat maka hal itu sebaiknya tidak kamu lakukan sebab kartu kredit kamu nantinya akan dengan mudah dibobol oleh orang lain. Sebaiknya, gunakan saja tanggal lahir orang lain, misalnya idola kamu, sebagai PIN.

2. Jangan Gunakan Nomor atau Alamat Rumah

Selayaknya tanggal lahir, nomor rumah pun bukan pilihan terbaik untuk kombinasi nomor PIN sebab orang lain bisa jadi mengetahui tentang nomor rumah kamu.

3. Gunakan PIN Spesial

Kamu pun bisa menggunakan hal-hal spesial, yakni hanya kamu yang tahu tentang hal itu, misalnya tanggal kamu membeli motor/mobil pertama dan juga tanggal jadian.

Sekian informasi tentang cara mengatasi lupa PIN Kartu kredit Mandiri bisa kamu coba sekarang juga. Jangan sampai lupa lagi loh ya!

Baca juga: Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Online, Simak Ya!

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Top Up OVO lewat Bank DKI, Mudah dan Cepat!

JAKARTA, duniafintech.com – Cara top up OVO lewat Bank DKI memang penting untuk diketahui sebab akan menawarkan kemudahan dan prosesnya pun cepat. OVO sendiri sudah...

Jadi Fitur Baru Instagram, Begini Potensi NFT di Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Potensi NFT di Indonesia sangat luar biasa. Pada awal tahun ini, Non-Fungible Token (NFT) menyita atensi publik di Indonesia setelah viralnya...

Cara Top Up Saldo DANA lewat Indomaret buat yang Anti Ribet!

JAKARTA, duniafintech.com – Panduan cara top up saldo DANA lewat Indomaret berikut ini penting diketahui, khususnya buat kamu yang anti ribet! Saat ini, perkembangan teknologi...

Keren! Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya dalam Bentuk Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com - PT Batik Semar berkolaborasi dengan perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) WIR Group untuk...

Segini Saldo Minimal Mandiri Berdasarkan Jenis Tabungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Pada dasarnya, saldo minimal Mandiri adalah jumlah saldo minimal yang mengendap di rekening Bank Mandiri milik nasabahnya. Perlu diketahui, setiap jenis tabungan...
LANGUAGE