26.2 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Manfaat Asuransi Mobil Berdasarkan Jenis Produk, Simak Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Manfaat asuransi mobil tentunya penting diketahui oleh para calon pemilik polis asuransi kendaraan mobil empat.

Adapun bagi sebagian orang punya asuransi kendaraan atau mobil kurang begitu penting lantaran mereka dapat mengendarai kendaraan secara hati-hati sehingga terhindar dari kecelakaan.

Belum lagi, mengurus cara klaim asuransi mobil itu sulit dan prosedurnya berbelit-belit supaya dana yang dibutuhkan cair. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar sebab pengajuan klaim dapat dilakukan secara cepat dan mudah asalkan semua dokumen dan syarat asuransi mobil telah terpenuhi saat kamu mengajukannya.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dari produk asuransi yang satu ini, berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari Qoala.

Baca juga: Asuransi Mobil BCA: Syarat Mengajukan hingga Cara Belinya

Manfaat Asuransi Mobil Berdasarkan Jenis Produk

Contoh jenis asuransi mobil secara umum terdiri dari asuransi mobil total loss only (TLO) dan asuransi mobil all risk (gabungan/comprehensive). Berikut ini manfaatnya.

1. Manfaat Asuransi Mobil Total Loss Only (Kerugian Total/Asuransi TLO Mobil)

Sejalan dengan namanya, asuransi mobil total loss only (TLO) menawarkan manfaat berupa klaim yang hanya bisa dilakukan jika terjadi kehilangan total, dalam arti kerusakan yang terjadi di atas 75% atau kehilangan akibat pencurian maupun perampasan. Adapun besaran kerusakan 75% ini dijadikan tolok ukur karena mobil dipastikan tidak bisa lagi digunakan.

Di samping jaminan perlindungan, biaya premi asuransi TLO mobil pun lebih murah daripada asuransi mobil all risk. Kamu juga bisa menghemat pengeluaran keuangan dengan biaya yang tidak terlalu mahal.

Manfaat asuransi mobil

2. Manfaat Asuransi Mobil All Risk (Gabungan/Comprehensive)

Sementara itu, asuransi mobil all risk atau yang juga disebut sebagai asuransi mobil comprehensive atau gabungan digemari oleh berbagai kalangan, mulai dari milenial hingga orang dewasa. Hal itu karena manfaatnya memberikan coverage menyeluruh untuk risiko kerusakan kecil maupun besar.

Untuk cakupan risiko kerusakannya juga bisa ditambah secara fleksibel, misalnya untuk risiko bencana alam dan kerusuhan. Terkait biaya asuransi mobil all risk, dengan manfaat yang ditawarkan secara menyeluruh, biaya premi yang harus dibayarkan setiap tahun pun lebih tinggi dibandingkan asuransi TLO mobil, yakni berada pada kisaran 1,05—4,2 persen (bergantung harga mobil dan wilayah).

Akan tetapi, kamu pun tidak perlu khawatir sebab besarannya tetap terjangkau. Misalnya, biaya asuransi mobil all risk BCA Life Insurance mulai dari Rp218.833 per bulannya. Kendati perlindungan asuransi yang ditawarkan lebih lengkap, kamu perlu ingat bahwa perlindungan asuransi all risk hanya berlaku dalam satu tahun.

Oleh sebab itu, asuransi mobil all risk ini lebih cocok dimiliki oleh mobil-mobil baru, seperti mobil-mobil yang baru diproduksi atau dibeli pada tahun yang sama. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi untuk memiliki asuransi kendaraan.

Baca juga: Cari Asuransi Mobil Terbaik? Coba Pertimbangkan 7 Hal Ini

Manfaat secara Umum

Selayaknya manfaat asuransi jiwa yang melindungi dari berbagai risiko, kepemilikan asuransi mobil ini juga akan memberikanmu berbagai manfaat menyeluruh terhadap aset milikmu—dalah hal ini kendaraan roda empat—secara umum, di antaranya:

  • Menutup biaya perbaikan mobil apabila terjadi kerusakan
  • Memberi perlindungan mobil dari risiko kecelakaan
  • Memberi proteksi jika terjadi kehilangan akibat pencurian
  • Membantu merencanakan keuangan dan mengurangi pengeluaran
  • Memberi rasa tenang dan aman
  • Menyediakan manfaat lebih dari sekadar produk asuransi mobil
  • Manfaat fitur layanan tambahan
  • Bebas dari tanggungan pihak ketiga
  • Bebas dari biaya ekstra
  • Menjadi sarana investasi yang bagus
  • Mengatasi penurunan harga

Manfaat secara Khusus

Tentunya, memiliki produk asuransi mobil terbaik bukan hanya memberikan manfaat dari aspek finansial, melainkan juga menjaga keberlangsungan berbagai komponen penting pada mobil.

Hal itu pun selaras dengan perlindungan bagi kondisi keuangan yang ditawarkan dari kepemilikan proteksi aset seperti manfaat asuransi rumah atau juga manfaat asuransi gedung.  Berbagai manfaat asuransi kendaraan roda empat secara spesifik, yakni:

  • Perlindungan mesin
  • Pertanggungan bagi pengemudi
  • Bebas biaya derek mobil
  • Membantu mengurus kerusakan selama dua puluh empat jam
  • Diskon untuk pertanggungan pihak ketiga
  • Asuransi aksesoris tambahan pada mobil

Sekian ulasan tentang manfaat asuransi mobil yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Asuransi Mobil Bekas: Biaya hingga Cara Klaimnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE