26.1 C
Jakarta
Jumat, 10 Juli, 2020

Memecahkan Masalah Lingkungan dan Sosial dengan Blockchain Melalui Platform Ini!

duniafintech.com – World Wide Fund for Nature (WWF) bekerja sama dengan ConsenSys dikabarkan telah meluncurkan platform yang memungkinkan untuk membantu proses pendanan proyek-proyek berskala besar dalam memecahkan masalah lingkungan dan sosial dengan blockchain, bernama Impactio.

Impactio merupakan platform tata kelola kolaboratif yang dirancang khusus untuk menyusun dan mendanai proyek-proyek berskala besar dalam memecahkan masalah lingkungan dan sosial dengan blockchain pertama di Dunia.

Dalam memecahkan masalah lingkungan dan sosial dengan blockchain, Impactio dikembangkan oleh Panda Labs, sebuah divisi khusus dari program inovasi WWF yang ditujukan agar proses pendanaan dari proyek kemanusiaan tersebut agar dapat lebih melibatkan masyarakat, bekerja secara transparan, dan dengan pencatatan yang baik.

Platform yang membantu memecahkan masalah lingkungan dan sosial dengan blockchain ini diresmikan oleh  Kavita Prakash-Mani, WWF Global Conservation Director, dan Joseph Lubin, founder of ConsenSys and co-creator of Ethereum.

Platform ini terinspirasi oleh penelitian ConsenSys tentang registrasi token-curated dan pengalaman WWF selama 60 tahun dalam memecahkan masalah lingkungan dan sosial dengan blockchain  yang dibangun di atas Enterprise Ethereum memanfaatkan Kaleido’s blockchain business cloud.

Baca juga :

Mendorong Kolaborasi dan Pengambilan Keputusan

Impactio menggunakan token untuk mendorong kolaborasi dan pengambilan keputusan. Ini diatur melalui serangkaian smart contract, sementara semua aktivitas pada platform dicatat pada buku besar blockchain yang mana akan menghasilkan proses kurasi yang sangat transparan, otomatis, dan tamper-resistant.

Platform ini juga mencakup fitur yang memungkinkan token tersebut disumbangkan oleh kurator (terdiri dari para ahli yang akan menilai proposal yang diajukan) untuk proyek-proyek yang sukses sebagai dana awal. Dengan cara ini, Impactio memungkinkan para ahli untuk membuat proyek yang efisien melalui berkolaborasi dengan para pemimpin proyek untuk meningkatkan kualitas proyek mereka.

Pada dasarnya, semua proses pengajuan proposal, kurasi dan persetujuan pendanaan tersebut akan dicatat dalam blockchain Ethereum dengan menggunakan token utilitas bernama TIO dan pastinya setiap proses yang terjadi dapat divalidasi oleh setiap partisipn di dalam platform ini karena masing-masing memiliki hash transaction sendiri.

– Dinda Luvita –

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

PNM Mekaar Berbasis Digital Luncur, Mudahkan Pencairan Pembiayaan Nasabah

DuniaFintech.com – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu,...

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mencapai Masa Pensiun

DuniaFintech.com - Mencapai masa pensiun kadang terasa melegakan karena mengucapkan selamat tinggal kepada pekerjaan menumpuk, di sisi lain juga menjadi beban bagi...

Layanan TokoCabang di Tokopedia Bantu Pengusaha di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com - E-commerce Tokopedia mengungkapkan adanya peningkatan pemanfaatan fitur TokoCabang, sebuah layanan untuk ketersediaan pasokan hingga pemenuhan permintaan selama masa pandemi COVID-19....

Mau Dapat Beasiswa? Kunjungi Beberapa Situs Ini

DuniaFintech.com - Siapa yang tidak mau dapat beasiswa? Rasanya, hampir setiap orang punya impian untuk meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, bukan?...

Pandemi Covid-19 Jadi Ajang Menuju Reformasi Memanfaatkan Teknologi

DuniaFintech.com - Pemerintah memandang masa krisis yang terjadi hingga saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan reformasi memanfaatkan teknologi. Inilah hikmah...
LANGUAGE