31.1 C
Jakarta
Jumat, 18 Juni, 2021

Mengenal Ceria, Pinjaman Modal Usaha Bank BRI Berbasis Online


DuniaFintech.com
– PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus melakukan terobosan inovasi atas produk dan layanan keuangannya untuk mengukuhkan diri sebagai lembaga keuangan terdepan dalam digital banking di Indonesia. Salah satu yang terbaru ialah layanan pinjaman modal usaha Bank BRI yang diberi nama Ceria.

Ceria adalah produk layanan kredit dari BRI dengan skema cicilan online tanpa kartu. Jika Anda pernah mendengar yang namanya Akulaku, Kredivo dan Cicil, maka Ceria memiliki konsep yang serupa. Pengguna Ceria akan bisa berbelanja di e-commerce tertentu yang telah bekerjasama dengan BRI, lalu kemudian tinggal membayar tagihan dalam jangka waktu sesuai yang disepakati.

Agar bisa bersaing dengan fintech pinjol yang sudah populer di kalangan masyarakat, pinjaman modal usaha Bank BRI ini, memasang target untuk penyaluran portofolio kredit hingga Rp40 miliar sampai akhir 2020 ini. Tentu saja target yang dipatok Ceria bukanlah tanpa alasan. Karena hingga akhir Februari 2020 kemarin, sudah ada penyaluran kredit mencapai Rp18 miliar.

Baca Juga:

Fitur, Limit, dan Bunga Pinjaman Aplikasi Ceria

Limit pinjaman online Ceria pun tak kalah dari pinjaman online fintech. Anda bisa mengajukan pinjaman mulai dari Rp  500 ribu hingga Rp 20 juta. Jangka waktu cicilan tersedia mulai dari 1 hingga 12 bulan yang bisa dipilih sesuai kemampuan. Tentu saja, semakin panjang tenor, semakin besar bunga yang ditanggung. Suku bunga Ceria BRI bisa dibilang cukup kompetitif. Ceria BRI mematok bunga pinjaman mulai dari 1,42 persen flat per bulan dan bebas biaya administrasi. 

Cara Ajukan Pinjaman Modal Usaha Bank BRI Ceria

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pinjaman modal usaha Bank BRI ini berbasis digital. Ini berarti sudah pasti kamu tak perlu datang ke kantor BRI untuk registrasi maupun pengajuan pinjaman. Anda hanya perlu mengikuti langkah ini. 

  1. Unduh dan pasang aplikasi Ceria BRI melalui Google Play Store
  2. Buka aplikasi Ceria dan masukkan nomor ponsel, lalu pilih “Sign up”
  3. Aplikasi BRI akan mengirimkan SMS berisi one time password (OTP). JIka sudah menerimanya, masukkan kode tersebut pada aplikasi.
  4. Buatlah personal identification number (PIN) dan konfirmasi kembali PIN sesuai permintaan
  5. Proses registrasi aplikasi Ceria selesai dilakukan

Pendaftaran aplikasi Ceria BRI bisa dilakukan oleh siapa pun. Tapi begitu ingin mengajukan pinjaman, kamu harus telah terdaftar sebagai nasabah tabungan BRI dengan rekening payroll BRI. 

Untuk itu, Dari segi biaya Ceria BRI bunganya yang lebih rendah, serta bebas biaya administrasi. Besar bunga pinjaman Ceria BRI hampir setengah kali lebih rendah dibandingkan bunga pinjaman online fintech.  Syarat dan proses pengajuan pinjaman Ceria BRI memang lebih praktis dari produk pinjaman bank lain. Namun, pinjaman online fintech tetap lebih unggul karena tidak mewajibkan kepemilikan rekening payroll di bank tertentu.

Selain itu, merchant-merchant online Ceria BRI juga belum sebanyak pada layanan fintech sejenis. Saat ini Ceria BRI pun baru tersedia untuk smartphone berbasis Android. Sebagai salah satu bank BUMN di Indonesia, BRI sudah pasti terdaftar dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Artinya, jika terjadi hal tak diharapkan, kamu juga bisa meminta perlindungan ataupun pertanggungjawaban kepada OJK.

(DuniaFintech/VidiaHapsari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Daftar Payment Gateway Terbaik di Indonesia 2021

Buat kamu yang ingin mengetahui daftar payment gateway 2021 terbaik di Indonesia, kamu bisa cek di sini.  Payment Gateway adalah gerbang atau medium transaksi yang...

Payment Gateway: Pengertian, Cara Kerja, dan Keunggulannya

Payment gateway merupakan media pembayaran dari layanan marketplace yang dapat memberikan otorisasi pemrosesan kartu kredit atau pembayaran langsung ke pelanggan dalam transaksi bisnis online. Metode...

Ingin Cuan Gede dalam Investasi Kripto? Gunakan Strategi HODL!

Volatilitas merupakan kondisi saat harga pasar aset kripto mengalami pelonjakan atau bahkan menurun tajam dalam waktu yang terbilang singkat. Sebagai investor, cara paling ampuh...

Danabijak, Perusahaan P2P Lending di Indonesia yang Bisa Kamu Coba

Danabijak adalah platform technology financial peer-to-peer lending (P2P lending) yang dari perusahaan PT Digital Micro Indonesia. Layanan pinjaman online ini bisa kamu dapatkan tanpa agunan...

Cerdas Memilih Platform Crowdfunding

Platform Crowdfunding adalah salah satu pendanaan bisnis yang berasal dari beberapa pemilik modal. Modal yang terkumpul dari beberapa orang tersebut akan tersalur kepada pelaku...
LANGUAGE