26.4 C
Jakarta
Selasa, 27 September, 2022

Keren, Museum Bung Hatta Kini Tampil dengan Konsep Metaverse

JAKARTA, duniafintech.com – Museum Bung Hatta kini tampil virtual dengan konsep berbasis Metaverse. Seiring perkembangan zaman, Museum Bung Hatta kini bisa dinikmati secara virtual dalam bentuk platform Metaverse. Kemajuan ini patut diapresiasi. Perkembangan Museum itu dikemas dalam Hatta Memorial Heritage Virtual (HMH- Virtual).

Museum Bung Hatta virtual berbasis Metaverse itu diluncurkan Yayasan Proklamatir Bung Hatta (YPBH) di Istana Sang Proklamatir di Bukittinggi, pada Sabtu (13/8/2022) kemarin

Melansir Langgam.id, Ketua Panitia Peringatan 120 Tahun Kelahiran Bung Hatta, Iman Satria mengatakan, maksud peluncuran HMH-Virtual adalah dalam rangka menggugah masyarakat untuk mengenang syiar perjuangan Bung Hatta agar lebih dikenal oleh generasi penerus.

Dikatakan Iman, HMH-Virtual juga dalam rangka merintis pembangunan museum Hatta Memorial Heritage secara fisik. Pada tahap awal, YPBH lebih dulu mencanangkan HMH- Virtual yang menggunakan platform Metaverse.

Baca jugaAsyik dan Seru! Inilah Aplikasi Untuk Main Metaverse

HMH-Virtual, kata Iman, dirancang agar seseorang bisa menjelajahi dan merasakan perjalanan hidup dan perjuangan Bung Hatta serta menyaksikan tempat-tempat persinggahan Bung Hatta, seperti rumah kelahiran, tempat pembuangan di Digul, Banda Neira, dan lainnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Andri Warman menyebutkan, HMH-Virtual merupakan media pariwisata sejarah yang sesuai dengan kebutuhan generasi milenial.

Baca jugaTrader Pemula Wajib Catat! 10 Istilah dalam Dunia Kripto Ini Penting

“Apalagi generasi sekarang sangat akrab dengan dunia virtual. Melalui program virtual ini, generasi muda sekaligus bisa belajar sejarah,” ujar Andri Warman. 

Dikatakan Bupati bahwa, museum virtual ini merupakan usaha untuk melestarikan peristiwa sejarah, khususnya hal-hal yang berkaitan dengan Bung Hatta.

Lalu, Ia juga mengapresiasi YPBH yang telah meluncurkan HMH-Virtual. Menurut Andri, Bung Hatta adalah Bapak Bangsa yang patut diteladani generasi sampai kapanpun.

“Museum Metaverse ini semoga dapat dijadikan media pembelajaran bagi generasi kita. Meski jauh ke belakang, sejarah jangan sampai kita lupakan,” kata dia. 

Baca juga: Makin Populer, Ini Dampak Positif Metaverse dalam Kehidupan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pinjol Cepat Cair 2022 Legal, Simak Daftarnya di Sini

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair merupakan layanan finansial yang sangat dibutuhkan oleh mereka mereka yang sedang terdesak dana cepat. Adapun pinjaman online langsung cair...

Payment Gateway: Definisi, Cara Kerja, hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Payment gateway pada dasarnya merupakan solusi bagi pembayaran pada bisnis online yang kian marak belakangan ini. Hal ini penting sebagai upaya memberikan...

Dampak Fintech di Indonesia hingga Sederet Keuntungannya

JAKARTA, duniafintech.com – Dampak fintech di Indonesia tentunya sangat besar. Adapun fintech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Seperti diketahui, saat ini penggunaaan teknologi informasi...

Pinjol Bunga Rendah 2022 Cepat Cair, Nih 6 Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol bunga rendah 2022 cepat cair tentunya sangat penting untuk diketahui oleh kamu yang tengah kepepet dana talangan. Meski saat ini ada...

Bisnis Fintech di Indonesia: Ini 11 Startup Fintech Terbaik

JAKARTA, duniafintech.com – Bisnis fintech atau financial technology di Indonesia tampak bertumbuh pesat dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini terjadi sebagai dampak dari perkembangan globalisasi,...
LANGUAGE