30.1 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

3 Persyaratan Untuk Mengajukan Pinjaman Online Resmi, Disimak ya

JAKARTA, duniafintech.com – Persyaratan untuk mengajukan pinjaman online resmi sangat penting untuk diketahui. Saat ini, dana cepat dari pinjaman online sangat dibutuhkan beberapa masyarakat yang sedang kepepet keuangan. 

Barangkali pinjaman online sedang anda pertimbangkan sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan dana. Cara ini memang relatif lebih cepat dan praktis dibandingkan jika Anda hendak mengajukan pinjaman secara konvensional.  

Berdasarkan catatan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) pada Maret lalu, ada lebih dari seratus situs pinjaman online resmi yang telah terdaftar. Anda bisa memilih salah satu situs dari daftar tersebut untuk menjadi alternatif pemberi solusi masalah kebutuhan dana.

Persyaratan Mengajukan Pinjaman Online Resmi

Persyaratan Untuk Mengajukan Pinjaman Online Resmi

Persyaratan untuk mengajukan pinjaman online resmi perlu diketahui. Ini agar anda dapat memperoleh persetujuan terkait pengajuan pinjaman dana melalui situs online, umumnya ada sejumlah persyaratan yang umum. 

Secara garis besar, persyaratan untuk melakukan pinjaman dana dengan cara online ini di antaranya:

1. Merupakan WNI yang berdomisili di Indonesia

Situs pinjaman online pada umumnya memang lebih berfokus untuk membantu keuangan warganya yang ada di tanah air. Kartu identitas (KTP) pun biasanya menjadi syarat utama yang wajib Anda lampirkan saat membuat pengajuan pinjaman, baik online maupun konvensional.

2. Sudah tergolong cukup usia

Rata-rata situs pinjaman online menetapkan batas usia peminjamnya minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun. Hal ini karena seseorang yang berumur 21 tahun dianggap sudah cukup dewasa untuk mempertanggungjawabkan setiap keputusan yang diambilnya secara legal. 

Baca jugaCara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal, Simak di Sini

Sementara itu, batas maksimal usia peminjam ditetapkan dengan mempertimbangkan kemampuan peminjam untuk nantinya melakukan pengembalian dana pinjaman tersebut. Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, usia pensiun di Indonesia biasanya antara 55 – 60 tahun.

3. Memiliki pekerjaan sebagai sumber penghasilan

Hal ini juga berkaitan dengan penilaian kapasitas peminjam untuk mengembalikan dana yang telah dipinjamnya. Pihak pemberi pinjaman pun tentu tak ingin mengambil resiko jika peminjam tidak punya sumber dana yang memungkinkannya untuk melakukan pengembalian.  

Baca jugaCara Menghapus Izin Akses Pinjaman Online, Biar Aman Tentunya

Selain ketiga hal di atas, masing-masing situs pinjaman online resmi bisa jadi menetapkan beberapa syarat tambahan lainnya. Usahakan untuk membaca poin-poin persyaratan ini dengan cermat terlebih dahulu sebelum Anda benar-benar melakukan pengajuan pinjaman

Manfaat Pinjaman Online Resmi

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini?

1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan. 

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia 

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

5. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah.

Itulah ulasan mengenai persyaratan untuk mengajukan pinjaman online resmi dan manfaatnya. Semoga informasi ini bermanfaat buat anda. 

Baca jugaCara Main Indodax buat Pemula, Begini Panduan Lengkapnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE