34.5 C
Jakarta
Sabtu, 1 Oktober, 2022

Baca Yuk! Ini Pertanyaan Umum & Jawaban Seputar Cara Kerja Bitcoin

JAKARTA, duniafintech.com – Trader kripto seringkali mengajukan pertanyaan umum seputar cara kerja Bitcoin. Pertanyaan tersebut juga akan kita jawab secara objektif di artikel ini. 

Pada dasarnya, Bitcoin merupakan aset kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar. Bitcoin sering dijadikan instrumen investasi yang membawa keuntungan. 

Nah langsung saja, inilah pertanyaan umum yang sering ditanya seputar cara kerja Bitcoin.

Pemahaman tentang Pertanyaan Umum Seputar Cara Kerja Bitcoin

Dalam perkembangannya, para pengguna bitcoin sering memiliki pertanyaan yang umum tentang cara kerja bitcoin dan mata uang kripto. Melansie Qoala, inilah pertanyaan umum seputar cara kerja Bitcoin, antara lain. 

Pertanyaan Umum Seputar Cara Kerja Bitcoin

1. Pertanyaan umum seputar cara kerja Bitcoin: Apakah transaksi bitcoin dan aset kripto lainnya dapat dibatalkan?

Transaksi bitcoin tidak dapat dibatalkan, tapi bisa dikembalikan oleh orang yang menerima dana. Jadi kamu harus berhati-hati ketika berbisnis dengan orang atau organisasi menggunakan bitcoin. 

Pastikan reputasi dari partner cukup jelas dan aman. Bitcoin bisa mendeteksi kesalahan pengetikan namun tidak akan membiarkan kamu mengirimkan uang ke alamat yang tidak valid.

2. Pertanyaan umum seputar cara kerja Bitcoin: Bagaimana keamanan bitcoin dan anonimitas penggunanya?

Cara kerja bitcoin didesain untuk bisa digunakan dalam pengiriman dan penerimaan pembayaran dengan level privasi yang ketat. Tapi bitcoin tidak anonim dan tidak bisa memberikan level privasi seperti uang tunai. Alhasil saat ini mekanisme untuk melindungi privasi pengguna terus dikembangkan. Semua transaksi bitcoin disimpan secara publik dan permanen di jaringan sehingga memungkinkan siapapun untuk bisa melihat saldo dan transaksi dari alamat bitcoin manapun. 

Namun identitas pengguna dan alamat tidak diketahui selama pembelian. Kondisi ini juga yang menjadi alasan mengapa bitcoin hanya boleh digunakan sekali. Penggunaan bitcoin memiliki kontrol penuh atas transaksi yang dilakukan penggunanya. Tidak mungkin penjual membuat tagihan yang tidak diinginkan ataupun diperhatikan sebagaimana terjadi pada metode pembayaran lain. 

Pembayaran melalui bitcoin juga memungkinkan untuk dibuat tanpa menyertakan identitas pribadi yang membuat perlindungan kuat dari pencurian identitas. Selain itu pengguna bitcoin juga bisa melindungi aset kripto dengan pencadangan dan enkripsi.

3. Pertanyaan umum seputar cara kerja Bitcoin: Bagaimana cara mendapatkan bitcoin?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai cara main untuk mendapatkan bitcoin serta mempraktekkan cara kerja bitcoin dengan mudah, yaitu:

– Transaksi barang atau jasa menggunakan bitcoin

Kamu bisa mendapatkan bitcoin dengan menjual barang dan jasa lalu minta pembayaran dilakukan dengan mata uang kripto bitcoin. Umumnya menerima bitcoin lebih murah dan mudah dibandingkan dengan metode pembayaran lainnya.

– Beli bitcoin di bursa bitcoin

Kamu bisa mendapatkan bitcoin dengan membelinya di bursa bitcoin, broker terpercaya, atau layanan exchange. Cara ini mirip seperti membeli mata uang asing atau saham asing dengan nilai tukar yang telah disepakati.

– Bertukar bitcoin dengan rekan

Jika kamu memiliki rekan yang juga memiliki aset kripto, tentu proses bertukar bitcoin bisa jadi pilihan yang sederhana dan aman. Transaksi pertukaran bisa dilakukan dengan aman karena kamu mengenal rekan yang memiliki bitcoin tersebut. Hindari bertukar bitcoin dengan menggunakan PayPal karena banyak terjadi kasus penipuan bitcoin dengan menggunakan PayPal. Karena kasus ini, banyak orang yang mempertanyakan apakah bitcoin adalah penipuan.

– Menambang bitcoin

Penambangan Bitcoin biasanya dilakukan oleh perusahaan atau tim profesional karena membutuhkan keahlian dan peralatan yang canggih. Cara kerja bitcoin yang cukup rumit membutuhkan tim yang profesional.

4. Bagaimana cara investasi bitcoin?

Bagi pengguna pemula, pasti banyak yang bingung bagaimana mengawali investasi bitcoin secara profesional. Pertama-tama, kamu harus membuka rekening bitcoin atau bitcoin wallet di situs terpercaya.

Dengan melakukan pendaftaran di situs terpercaya, maka kamu akan memiliki bitcoin wallet yang digunakan untuk transaksi investasi bitcoin. Dengan adanya wallet bitcoin, kamu bisa menerima atau mengirim bitcoin kepada sesama pengguna dengan mudah dan cepat, serta melakukan kontrol nilai dari aset bitcoin yang kamu miliki.

Selanjutnya adalah melakukan transaksi. Ada banyak situs jasa layanan di internet yang menyediakan platform transaksi bitcoin. Ada beberapa situs bitcoin Indonesia yang bisa langsung mengkonversi nilai aset bitcoin dalam nilai Rupiah. Dengan cara ini, kamu bisa tahu margin keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari investasi bitcoin yang kamu lakukan. 

Perlu diperhatikan bahwa proses pendaftaran dan verifikasi harus dilakukan hingga tuntas agar kamu memahami cara kerja bitcoin dan cara menggunakannya. Setiap situs bitcoin akan menampilkan nilai bitcoin secara real time sehingga memudahkan semua investor untuk mengontrol dan mempertimbangkan langkah yang diambil terkait transaksi bitcoin sesuai dengan kondisi terkini. Dari sini, kamu bisa memahami kondisi pasar dan menjual dengan harga yang orang lain akan beli untuk mendapatkan keuntungan.

5. Apakah penggunaan bitcoin dilarang di Indonesia?

Apakah bitcoin halal dan legal di Indonesia? Pada awal kemunculannya, bitcoin dianggap sebagai salah satu alat transaksi yang tidak sah di Indonesia. Di tahun 2014, Bank Indonesia menyatakan bahwa Bitcoin bukan alat pembayaran yang sah. 

Baca jugaBerita Kripto Hari Ini: Aturan Baru Bappebti Bawa Angin Segar!

Namun seiring berjalannya waktu, bitcoin mulai diterima di Indonesia dan pemerintah kemudian mengambil beberapa kebijakan untuk mengatur dan mendukung perkembangan bitcoin. Hingga saat ini, ada 4 peraturan Bappebti yang melegalkan perdagangan komoditas digital berupa aset mata uang kripto atau emas digital. Adapun peraturannya antara lain:

– Peraturan Bappebti No. 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditas di Bursa Berjangka

– Peraturan Bappebti No. 3 Tahun 2019 tentang Komoditi yang Dapat Dijadikan Subjek Kontrak Berjangka, Kontrak Derivatif Syariah dan/atau Kontrak Derivatif Lainnya yang Diperdagangkan di Bursa Berjangka.

– Peraturan Bappebti No. 4 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Emas Digital di Bursa Berjangka.

– Peraturan Bappebti No. 5 Tahun 2019 tentang Ketentuan Teknis Penyelenggaraan Pasar Fisik Aset Kripto (Crypto Asset) di Bursa Berjangka.

6. Bisakah seseorang memalsukan identitas saya?

Meskipun klaim yang mengatakan bahwa bitcoin terbilang cukup aman dari segi proteksi, namun semua harus menyadari bahwa sistem mata uang kripto ini masih sangat baru dan masih dalam fase pengembangan. Hal ini membuat celah-celah keamanan yang telah disiapkan bisa saja dibobol oleh pihak-pihak tertentu yang memang memahami perkembangan keamanan ini. 

Misalnya aktivitas phising yang merupakan trik lama namun cukup membuat sistem bitcoin kelimpungan. Banyak penjahat di dunia maya yang bisa meniru exchange terkenal dengan tujuan mencuri kredensial login dari pengguna wallet bitcoin. 

Baca jugaTrader Pemula Wajib Catat! 10 Istilah dalam Dunia Kripto Ini Penting

Tentu saja, dengan sistem dan cara kerja bitcoin yang masih berkembang, cukup sulit mendeteksi kasus ini di lapangan. Sudah banyak laporan mengenai kasus peniruan identitas ini yang ditujukan untuk memikat calon pengguna. Jadi, bisa saja identitas pengguna bitcoin dipalsukan demi mengeruk keuntungan pihak lain.

7. Bagaimana cara kerja mining bitcoin dengan VGA?

Cara kerja mining bitcoin dengan VGA juga kerap dipertanyakan. Umumnya VGA dikenal fungsinya dalam dunia komputer untuk mengolah data grafis pada layar monitor. Namun , pada perkembangannya, VGA justru dijadikan senjata ampuh untuk menambang bitcoin. 

VGA akan menjadi perangkat penting untuk memecah algoritma blockchain bitcoin. VGA saat ini juga terkenal sebagai komponen penting penambang bitcoin dan untuk beberapa tipe justru harganya melonjak signifikan.

8. Bagaimana cara kerja bitcoin.co.id?

Para penggiat mata uang kripto di Indonesia cukup terbantu dengan adanya perusahaan exchange resmi bitcoin.co.id. Website ini ditujukan bagi para investor dan penambang bitcoin untuk mendapatkan akses dan informasi terkini mengenai dunia mata uang kripto. Dalam aktifitasnya, bitcoin.co.id memiliki beberapa cara kerja bitcoin yang meliputi:

– Pembelian aset kripto dengan mata uang Rupiah.

– Penjualan aset kripto dengan mata uang Rupiah.

– Melakukan deposit uang dalam mata uang Rupiah.

– Melakukan penarikan dalam mata uang Rupiah.

– Melakukan barter perdagangan antar asset kripto terhadap sesama pengguna.

– Melakukan pengiriman asset kripto kepada member bitcoin.co.id

– Melakukan pelayanan pengiriman voucher dan bisa dicairkan dalam mata uang Rupiah.

– Menerima deposit berbagai bentuk aset kripto.

9. Bagaimana cara kerja Indodax bitcoin?

Indodax merupakan singkatan dari Indonesia Digital Aset Exchange yang memiliki layanan untuk membeli dan menjual aset digital seperti bitcoin terbesar di Indonesia. Untuk bisa mendapatkan semua layanan dan fiturnya, kamu harus mendaftar dan membuat akun terlebih dahulu di Indodax

Pendaftaran bisa dilakukan secara gratis melalui website resminya. Di dalam Indodax, kamu bisa menjual dan membeli mata uang kripto seperti Bitcoin, dan mendapatkan informasi terbaru mengenai dunia mata uang kripto. Indodax juga memiliki aktifitas member yang akan membuat para member saling berinteraksi dan memberikan masukan tentang investasi mata uang kripto. Kamu bisa menyimpan deposit mata uang kripto di Indodax.

Itulah ulasan mengenai pertanyaan umum seputar cara kerja Bitcoin. Semoga informasi bermanfaat bagi kamu ya.

Baca jugaBappebti Tetapkan 383 Aset Kripto Dapat Diperdagangkan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Cara Bayar Akulaku via Mandiri Online serta Persyaratannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara bayar Akulaku via Mandiri Online berikut persyaratannya perlu diketahui oleh para pengguna layanan ini. Seperti diketahui pula, hadirnya aplikasi kredit online...

Asuransi Kecelakaan Kerja: Manfaat hingga Rekomendasi Produk

JAKARTA, duniafintech.com – Asuransi kecelakaan kerja adalah bentuk proteksi yang sangat diperlukan oleh seorang pekerja atau karyawan. Asuransi sendiri adalah bentuk perlindungan yang penting bagi...

AIA Call Center, Email, hingga Alamat Kantornya

JAKARTA, duniafintech.com – AIA Call Center adalah salah satu cara termudah untuk bisa menghubungi atau mencari tahu soal beragam layanan AIA. Adapun layanan yang dimaksud...

Menteri Erick Dorong Perempuan dan Generasi Muda Duduki Jabatan Direksi BUMN

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong transformasi perusahaan BUMN dengan mendukung keterwakilan perempuan di jajaran direksi dan pemimpin dari generasi...

Kinerja Positif Kementerian BUMN Tercapai di Tahun 2021

JAKARTA, duniafintech.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyatakan pencapaian kinerja berada dalam posisi positif ditengah situasi pandemi global di tahun 2021. Hal...
LANGUAGE