25 C
Jakarta
Senin, 18 Oktober, 2021

Mau Pinjam Uang Tanpa Jaminan? Ketahui Dulu Untung Ruginya!

DuniaFintech.com – Mau pinjam uang tanpa jaminan? Jika sedang butuh dana dalam waktu cepat, meminjam merupakan salah satu jalan keluar yang bayak diambil orang. Namun, mengajukan pinjaman terutama dalam jumlah besar ke bank bukanlah hal yang mudah.

Bagi yang tidak punya jaminan atau agunan, pinjaman tanpa jaminan kerap menjadi pilihan yang mudah. Namun, benarkah pinjaman tanpa agunan ini 100% aman?

Sebelum Anda memutuskan untuk mengajukan pinjaman, ada baiknya memerhatikan berbagai pertimbangan, termasuk untung ruginya. Simak kelebihan dan kekurangan mengajukan pinjam uang tanpa jaminan berikut ini!

Baca Juga:

Keuntungan Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

  1. Lebih Mudah

Karena Anda tidak diminta untuk menyediakan jaminan, proses pengajuan pinjaman akan berjalan lebih mudah. Meskipun begitu, proses pembayaran tetap harus dilakukan secara disiplin sesuai dengan tenornya. 

Saat peminjam tidak bisa melunasi utang sesuai dengan aturan, bank tidak akan melakukan penyitaan aset. Namun, kasus ini akan dilaporkan ke Bank Indonesia yang nantinya akan memberikan catatan negatif dalam kredit peminjam.

  1. Dana Bisa Digunakan Sesuai Kebutuhan

Jika beberapa jenis pinjaman menetapkan aturan khusus termasuk tujuan penggunaan, pinjam uang tanpa jaminan memungkinkan Anda mengajukan pinjaman untuk tujuan apapun. Selama proses pengembalian berjalan lancar, Anda tidak akan mendapat masalah. Namun ada baiknya menghindari pinjaman untuk tujuan konsumtif.

  1. Proses Cepat

Ketika pinjaman diajukan dengan menggunakan jaminan, pihak peminjam biasanya harus menunggu karena lembaga pemberi pinjaman harus melakukan survei dan ini akan memakan waktu. Namun untuk pinjam uang tanpa jaminan, prosesnya akan berjalan lebih cepat karena tidak ada proses evaluasi agunan.

Baca Juga:

Kekurangan Pinjam Uang Tanpa Jaminan

Di antara sekian banyak kelebihannya, Anda juga harus tahu bahwa meminjam uang tanpa jaminan juga memiliki beberapa kekurangan antara lain:

  1. Bunga Cenderung Tinggi

Karena dana bisa dicairkan secara cepat, lembaga pemberi pinjaman akan membebankan suku bunga relatif tinggi. Untuk lembaga bank, rata-rata besaran bunganya adalah 2,5%. Suku bunga ini sifatnya tetap dan tidak akan berubah sampai utang lunas.

  1. Batasan Pinjaman Tidak Terlalu Besar

Khusus untuk pinjaman tanpa jaminan, plafon yang ditawarkan terbatas hanya mencapai nilai maksimal Rp300 juta saja. Tenor pelunasannya pun lebih singkat yakni antara 1 sampai 5 tahun saja. 

  1. Ada Pemeriksaan Latar Belakang

Pemeriksaan latar belakang dilakukan oleh pihak pemberi pinjaman untuk memberikan jaminan bahwa peminjam sanggup melunasi utang tersebut.

Misalnya saja, Anda yang punya status pegawai tetap atau pengusaha dengan penghasilan yang tetap akan lebih mudah memperoleh pinjaman dibanding mereka yang tidak punya pemasukan yang stabil.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan pinjam uang tanpa jaminan. Pastikan Anda menggunakan dana pinjaman dengan bijak agar tidak terbelit utang yang menyulitkan, ya!

(DuniaFintech/Dita Safitri)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

OJK Dorong Pertumbuhan Teknologi Finansial Urun Dana

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus mendorong peran industri teknologi finansial urun dana atau securities crowdfunding (SCF) untuk meningkatkan skala bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Pasalnya,...

Regulatory Sandbox: Strategi Jitu Tangkal Kealpaan Regulasi Fintech

Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) menilai, penggunaan regulatory sandbox atau ruang uji coba terbatas bagi para perusahaan rintisan di bidang finansial teknologi atau...

Kesenjangan Akses Keuangan antara Kota dan Desa, Ini Kata OJK

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Tirta Segara mengungkapkan bahwa masih tercipta gap atau kesenjangan yang cukup lebar...

Disinggung OJK, AFPI Putus Keanggotaan Penagih Utang PT ITN

Kantor milik PT Indo Tekno Nusantara (ITN) digerebek kepolisian pada Kamis, (14/10) lalu. ITN merupakan perusahaan penagih utang yang mengoperasikan 13 perusahaan pinjol, di...

Tentang Waktu dan Petunjuk Cara Ikut Lelang Pegadaian

Lelang Pegadaian adalah penjualan barang gadai oleh Pegadaian dengan cara dilelang kepada khalayak masyarakat. Mengingat debitur tidak sanggup melunasi pinjamannya, Pegadaian pun berhak untuk...
LANGUAGE