26.9 C
Jakarta
Selasa, 16 April, 2024

Putus Sekolah dan Beralih Jadi YouTuber, Pria Ini Hasilkan Duit Rp 54 Miliar

JAKARTA, duniafintech.com – Pada akhir 2018, pria bernama Brian Jung, yang saat itu berusia 21 tahun, memutuskan untuk berhenti kuliah untuk menjadi wirausaha penuh waktu. Ia juga menggeluti profesi jadi Youtuber. 

Orangtua imigran Korea Selatan ini terkejut Jung memiliki beberapa pekerjaan sampingan e-commerce paruh waktu yang menghasilkan sekitar USD 200 sehari atau sekitar Rp 2,9 juta. 

Jung juga memiliki saluran YouTube, yang lebih merupakan hobi daripada bisnis penuh. Namun, dia yakin dengan keputusannya. 

“Saya harus memberitahu orangtua saya. Saya tahu Anda telah bekerja sangat keras dan saya tahu betapa menakutkannya ini, tetapi saya tidak akan menyelesaikan sekolah,” kata Jung kepada orang tuanya, dikutip dari CNBC, Minggu (29/5/2022). 

Baca jugaBerapa Penghasilan YouTuber? Simak di Sini Cara Menghitungnya

Dia bertekad untuk membuat segala sesuatunya berjalan, meskipun ada ketidakpastian. Dia melakukannya. Sekarang usia Jung 25 tahun, Jung telah berpindah jadi YouTuber penuh waktu. 

Dia memperoleh sekitar USD 3,7 juta atau sekitar Rp 53,93 miliar (asumsi kurs Rp 14.577 per dolar AS) pada tahun lalu, sebagian besar dari saluran pribadinya yang berfokus pada keuangan, yang memiliki lebih dari 1 juta subscriber.

Baca juga: Peringatan Keras dari Jokowi, APBN dan APBD Tak Boleh Beli Barang Impor! 

Sementara sebagian besar pendapatannya digunakan untuk biaya operasi dan pajak untuk bisnis, Jung menempatkan sekitar USD 50.000 ke dalam berbagai investasi setiap bulan, termasuk cryptocurrency, NFT, dan barang koleksi. 

Baca jugaKripto, Metaverse dan NFT Diyakini Akan Ubah Dunia, Sandiaga Uno Ajak Masyarakat Ambil Peluang

Jung mengatakan aset kripto-nya adalah investasi jangka panjang, dan dia tidak berencana untuk mengubah strategi investasinya meskipun ada penurunan baru-baru ini di pasar kripto. 

Dia mengatakan dia ingin terus mendiversifikasi portofolionya dengan berinvestasi di lebih banyak bisnis yang menghasilkan uang.

 

Baca jugaApa Itu UMKM? Berikut Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Baca jugaKripto Ambruk: Sandiaga Uno Ingatkan Soal Alokasi Investasi, Ini Penjelasannya

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE