29 C
Jakarta
Senin, 15 April, 2024

Rekomendasi Ethereum Wallet Terbaik dan Tips yang Perlu Anda Ketahui

JAKARTA, duniafintech.com – Rekomendasi Ethereum wallet terbaik perlu untuk Anda ketahui. Bagi yang belum mengenal atau mengetahui, Ethereum (ETH) adalah salah satu uang digital paling banyak di dunia, setelah Bitcoin. 

Untuk menyimpan ETH ini, pengguna atau investor membutuhkan dompet digital atau Ethereum Wallet yang akan mengamankannya.

Dompet ethereum tersebut mempunyai fungsi untuk menyimpan koin, mengirim dan menerima kripto dari pengguna lain. Selain itu, ethereum wallet juga berguna untuk melihat informasi saldo, mengirim koin, dan melihat riwayat transaksi terakhir. 

Lantas, apa rekomendasi ethereum wallet terbaik banyak digunakan orang? Simak sampai akhir ya. 

Apa Itu Ethereum Wallet?

Melansir dari Qoala, secara definisi, Ethereum merupakan salah satu jaringan publik, open-source, mesin peer-to-peer pada virtual publik. Selain itu, Ethereum juga merupakan platform komputasi terdistribusi dan sistem operasi berbasis blockchain yang menampilkan fungsi kontrak pintar.

Dengan kata lain, Ethereum adalah super komputer terdesentralisasi yang dapat digunakan oleh siapa pun. Ethereum paling sering digunakan untuk melacak kepemilikan mata uang digital seperti Ether dan token ERC20. Tetapi juga mendukung berbagai jenis aplikasi desentralisasi (dApps).

Sebagai informasi, Ethereum mirip dengan Bitcoin, tetapi bahasa pemrogramannya memungkinkan pengembang untuk menulis kode yang dapat diprogram, yang disebut kontrak pintar. Jika kontrak tradisional menjabarkan ketentuan-ketentuan suatu hubungan, kontrak cerdas memastikan syarat-syarat tersebut dipenuhi dengan menuliskannya dalam kode. 

Ini adalah perangkat lunak yang secara otomatis menjalankan perjanjian segera setelah kondisi yang ditentukan terpenuhi, menghilangkan keterlambatan dan biaya yang terlibat dalam menyelesaikan kesepakatan secara manual. 

Baca jugaRegulasi Aset Kripto, Bitcoin Cs Legal Sebagai Instrumen Investasi

Contoh sederhananya adalah, pengguna Ethereum dapat membuat kontrak pintar untuk mengirim sejumlah eter ke teman pada tanggal tertentu. Mereka akan menulis kode ini ke dalam blockchain, dan segera setelah kontrak selesai yaitu, tanggal yang disepakati tiba, eter akan secara otomatis dilepaskan ke pihak lain.

Gagasan mendasar ini dapat diterapkan pada pengaturan yang jauh lebih kompleks, dan potensinya bisa dibilang tidak terbatas, dengan proyek-proyek yang sudah membuat kemajuan di bidang asuransi, properti, jasa keuangan, hukum dan crowdfunding.

Sederhananya, Ethereum wallet adalah tempat menyimpan aset kripto Ethereum (ETH) yang dapat diakses melalui beberapa platform atau aplikasi online.

Berikut ini beberapa komponen Ethereum yang perlu diketahui:

  1. P2P Network: Ethereum berjalan di jaringan utama.
  2. Consensus rules: Aturan konsensus Ethereum didefinisikan dalam spesifikasi referensi.
  3. Transactions: Pesan jaringan yang menyertakan pengirim, penerima, nilai, dan muatan data.
  4. State Machine: Diproses oleh Ethereum Virtual Machine (EVM), mesin virtual berbasis stack yang mengeksekusi bytecode. Program EVM yang disebut “smart contracts” ditulis dalam bahasa tingkat tinggi dan dikompilasi ke bytecode untuk dieksekusi pada EVM.
  5. Data structures: Disimpan secara lokal pada setiap node sebagai database yang berisi transaksi dan sistem dalam struktur data hash serial yang disebut Merkle Patricia Tree.
  6. Consensus algorithm: Ethereum menggunakan Nakamoto Consensus yang menggunakan blok signature tunggal berurutan.
  7. Economy security: Ethereum saat ini menggunakan algoritma PoW yang disebut Ethash.
  8. Clients: Ethereum memiliki beberapa implementasi perangkat lunak klien yang dapat dioperasikan.

Cara Membuat Ethereum Wallet

Ethereum dan Bitcoin menjadi yang paling dikenal di dunia mata uang digital. Ethereum sendiri lebih unggul dibandingkan dengan Bitcoin karena Ethereum menggunakan token ERC20 yang digunakan oleh banyak token-token lainnya. Nilai dari Ethereum mengalami peningkatan yang konstan, sehingga banyak yang mulai melirik Ethereum sebagai alat investasi, lalu bagaimanakah cara daftar Ethereum?

Baca jugaPerbedaan Crypto Crash dan Koreksi Bitcoin, Trader Wajib Paham

  1. Buat Ethereum Wallet

Untuk membuat Ethereum wallet bisa dikatakan sangat mudah dan tidak memakan waktu lama, terdapat beberapa situs-situs untuk membuat Ethereum wallet, salah satunya kamu bisa membuat Ethereum wallet di Ethereum Wallet.

2. Ethereum Address

Setelah membuat wallet baru di Ethereum Wallet, kamu harus mengunduh Keystore dan akan mendapatkan Private Key. Keystore digunakan untuk membuka wallet kamu, simpan Private Key di tempat yang aman dan mudah diingat.

3. Mendapatkan Ethereum

Setelah mempunyai tempat untuk menyimpan Ethereum, selanjutnya bagaimanakah cara mendapatkan Ethereum? Kamu bisa mendapatkan Ethereum gratis lho, bisa baca artikelnya di sini dan berikut adalah langkah-langkah untuk mendapatkan Ethereum:

4. Mining

Mining/Menambang Ethereum dilakukan untuk mendapatkan Ethereum, proses mining cukup memakan waktu dan biaya.

5. Cloud Mining

Metode mining tanpa perlu memiliki perangkat komputer atau mining rig sendiri. ada beberapa provider cloud mining yang bisa kamu gunakan, seperti Genesis, Hashnet, Hashflare, Hashing24, dan lainnya.

6. Faucet

Salah satu cara tergampang dan termudah untuk mendapatkan Ethereum adalah dengan mengikuti faucet yang tersedia di situs faucet Ethereum pilihan kamu.

7. Game

Kamu bisa memanfaatkan game untuk mendapatkan Ethereum lho, game yang menggunakan Ethereum salah satunya adalah cryptokitties

8. Airdrop/Bounty

Program Airdrop/Bounty menjadi pilihan favorit para traders untuk mendapatkan Ethereum, selain mudah dan gampang, jumlah Ethereum yang ditawarkan juga lumayan.

9. Membeli Ethereum

Kamu bisa membeli Ethereum dengan menggunakan cara-cara di bawah ini:

10. Daftar di Bursa Pilihanmu

Rekomendasi Ethereum Wallet Terbaik

Rekomendasi Ethereum Wallet Terbaik

Setelah memahami pengertian dan cara membuat Ethereum Wallet, berikut ini ada rekomendasi Ethereum Wallet terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan.

Indodax–Rekomendasi Ethereum Wallet Terbaik

Indodax merupakan platform crypto exchange terbaik asal Indonesia. Kamu tidak hanya bisa melakukan proses jual beli cryptocurrency atau aset kripto, melainkan juga bisa menyimpan aset digital seperti Ethereum dengan aman. Sederhananya, Indodax merupakan platform atau exchange atau Crypto Wallet pertama di Indonesia. 

Tak hanya itu, Indodax juga menjadi bursa asep kripto terbesar di Indonesia yang menjadi pilihan utama bagi para investor crypto dalam membeli Ethereum (ETH), Bitcoin, Dogecoin (DOGE), dan aset kripto lainnya. Aplikasi Indodax dapat kamu unduh di Playstore atau AppStore. Kamu juga dapat menjadikannya sebagai rekening digital untuk kripto. Berikut ini cara beli ETH atau Ether di Indodax:

  • Cara beli ETH atau Ether di Indodax pertama, login atau masuk ke Akun Indodax, apabila belum memiliki akun maka lakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Lakukan deposit jika belum punya saldo untuk membeli ETH di Indodax dengan membuka marketplace dan cari Ethereum atau Anda bisa klik link https://indodax.com/market/ETHIDR.
  • Apabila sudah, cara beli ETH atau Ether di Indodax cari kolom jual dan masukkan harga Ethereum yang diinginkan serta saldonya, pada proses pembelian bisa menggunakan metode instant ataupun metode limit.
  • Selain itu, cara beli ETH atau Ether di Indodax bisa langsung melakukan order sell pada harga bagi yang ingin menjual Ethereum setelah ETH dimiliki, sebelum menjual pastikan harganya meningkat.

Itulah ulasan mengenai rekomendasi Ethereum wallet terbaik yang mesti Anda ketahui. 

Baca juga: Cara Membeli Sandbox di Indodax, Mudah dan Praktis! 

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE