25.6 C
Jakarta
Minggu, 14 April, 2024

Syarat Umum Pengajuan Pinjaman Online Resmi, Simak Baik-baik

JAKARTA, duniafintech.com – Syarat umum pengajuan pinjaman online sangat penting untuk Anda ketahui, utamanya dokumen pendukung yang diperlukan.

Pasalnya, ini merupakan salah satu syarat mutlak dalam berbagai hal, seperti pinjaman online ini misalnya. 

Di masa yang sulit seperti sekarang ini, pastinya banyak masyarakat yang merasa perlu untuk melakukan pinjaman online resmi. Dana tersebut nantinya dipakai untuk segala keperluan seperti: biaya pendidikan, kesehatan, atau bahkan modal usaha.

Pinjaman online kini marak dijadikan alternatif untuk mendapatkan dana darurat. Kemudahan syarat dan tanpa adanya jaminan menjadikan platform ini lebih unggul dibanding lembaga keuangan lain seperti bank. 

Namun tidak banyak orang memahami bahwa melakukan pinjaman secara online juga mengandung sejumlah resiko. Salah satunya ialah suku bunga yang tinggi. Bunga tersebut kadang kala bahkan bisa melebihi suku bunga perbankan. Apalagi jika nasabah melakukan pinjaman pada situs-situs ilegal yang belum mengantongi izin resmi.

Baca juga: Cara Menghapus Izin Akses Pinjaman Online, Biar Aman Tentunya

Oleh sebab itulah nasabah perlu cerdas dalam memilih dan menentukan pinjol mana yang harus dituju untuk pengajuan hutang. Syarat pertama yang penting tentunya memilih platform yang sudah jelas legalitasnya dan telah terdaftar resmi di OJK. Poin ini sangat penting mengingat pinjol ilegal kini marak bertebaran.

Syarat umum pengajuan pinjaman online

Syarat Umum Pengajuan Pinjaman Online

Setelah memilih satu penyedia layanan yang telah berizin resmi, maka nasabah dapat mendaftar dengan akan dan nyaman. Adapun syarat umum pengajuan pinjaman online tersebut adalah sebagai berikut:

1. Rentang usia

Biasanya dalam syarat umum pengajuan pinjaman online yang legal, batasan usia yang ditetapkan ialah 21-60 tahun. Dalam hal ini berarti usia peminjam haruslah sekurang-kurangnya berada pada masa produktif. 

Sehingga menjamin mereka betul-betul memiliki kemampuan untuk membayar hutang yang diajukan hingga lunas.

Pemilihan usia minimal 21 tahun tersebut menjamin bahwa nasabah sudah dewasa dan dianggap bijak saat memutuskan untuk melakukan pinjaman online. Sehingga peminjaman tersebut benar-benar didasarkan pada keinginan dan pertimbangannya sendiri.

2. Berpenghasilan

Selain syarat usia, selanjutnya adalah penghasilan. Nasabah pinjaman online resmi harus benar-benar memiliki penghasilan tetap yang dibuktikan dengan penyertaan slip gaji.  Slip tersebut nantinya diperlihatkan pada saat melakukan registrasi awal.

3. Mengisi formulir

Setelah nasabah merasa yakin memenuhi kedua syarat di atas, maka selanjutnya lakukan pendaftaran dengan mengisi formulir dengan baik dan jujur. Identitas tersebut haruslah ditulis dengan sebenar-benarnya karena nanti akan dicek dengan teliti oleh pihak pemberi pinjaman.

Apabila data sudah dirasa benar dan layak diberikan pinjaman, berarti nasabah dinyatakan lolos verifikasi dan berhak menerima dana.

Baca juga: Pinjaman Online Resmi Gampang Cair, Berikut Ini Daftarnya 

Sistem pinjaman online resmi sudah dirancang secara digital. Hal ini memungkinkan data-data bisa dikirim melalui foto. Jadi pastikan memiliki kamera dengan kualitas jernih agar kelengkapan dokumen bisa di unggah dengan resolusi terbaik.

Manfaat Pinjaman Online Resmi

Kemudian, apa saja manfaat yang dapat Anda nikmati jika menggunakan pinjaman online ini?

1. Dana diproses secara cepat

Kamu tidak butuh waktu lama untuk memperoleh dana pinjaman. Rata-rata aplikasi pinjaman online memberikan persetujuan pinjaman yang diajukan dalam kurun waktu kurang dari waktu 24 jam. Bandingkan dengan bank konvensional yang memprosesnya selama satu sampai dua pekan.

2. Persyaratan mudah tanpa repot

Bank kerap meminta calon peminjam menyiapkan sejumlah dokumen sebagai syarat pinjaman. Namun, penyelenggara pinjaman online hanya membutuhkan KTP dan foto diri Anda sendiri. Syarat dokumen lain bersifat opsional jika memang benar-benar itu diperlukan.

3. Praktis tidak perlu tatap muka

Karena semua proses berlangsung online, mulai dari pendaftaran, pengajuan, persetujuan, hingga pengiriman dana, Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja tentunya. Pinjaman online 24 jam dapat diperoleh dengan cepat sepanjang Anda sudah mengunduh aplikasi dan memenuhi syarat yang diminta penyedia

4. Tenor bersifat fleksibel

Berbeda dengan jenis kredit lain, tenor pinjaman online cenderung pendek, yaitu 30 hari atau satu bulan. Tenor ini disukai karena dipandang sesuai dengan siklus gajian para karyawan. Berlawanan dengan masa pinjaman bank yang hanya memberi opsi tenor minimum sampai enam bulan. Padahal, tidak semua orang mampu membayar cicilan dalam waktu yang lama.

6. Meminjam tanpa jaminan dan kartu kredit

Tidak punya jaminan maupun punya kartu kredit? Tenang, dua hal ini tidak Anda butuhkan jika hendak mengajukan pinjaman uang yang bisa dicicil. Tentu kehadiran aplikasi pinjaman online memberi manfaat bagi Anda yang memang tidak punya kartu kredit tersebut. Bahkan, Anda tidak usah menyerahkan aset sebagai jaminan pinjaman, ini tentu praktis dan mudah.

Baca juga: Cara Menghindari Teror Pinjaman Online Ilegal, Simak di Sini

Itulah syarat umum pengajuan pinjaman online dan manfaatnya yang perlu anda pahami. Dalam menggunakan layanan keuangan instan ini, syarat tersebut menjadi hal mutlak. 

Baca terus berita fintech Indonesia dan berita kripto terkini hanya di duniafintech.com.

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE