24.4 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Tidak Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku? Ini Solusinya

JAKARTA, duniafintech.com – Tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku? Jangan panik ya karena di sini akan dijelaskan solusi terkait masalah itu. 

Seperti diketahui, hadirnya layanan kredit online bernama Akulaku memang telah membawa dampak positif bagi banyak masyarakat. Hal itu terjadi karena Akulaku selalu memberikan limit kredit hingga jutaan rupiah bagi setiap penggunanya.

Limit Akulaku yang diperoleh itu kemudian bisa dipakai untuk banyak keperluan, mulai dari membeli barang di Akulaku, Shopee, Tokopedia, dan beragam merchant lainnya. Selain itu, Akulaku pun diketahui telah mendukung fitur belanja pakai limit di beberapa merchant offline, di antaranya Alfamart.

Baca juga: Cara Bayar Akulaku lewat BNC Neo Now dan Biaya Adminnya

Terkait belanja di Alfamart dengan Akulaku, tentunya fitur ini akan sangat membantu masyarakat. Dalam hal ini, untuk memenuhi kebutuhan pokok, Akulaku pun menyediakan fasilitas belanja di Alfamart dengan menggunakan limit yang tersedia.

Akan tetapi, kabarnya ada beberapa pengguna yang mengeluh karena mereka tidak dapat melakukan pembayaran pakai Akulaku di Alfamart. Nah, kalau kamu salah satu dari pengguna Akulaku yang mengalami masalah serupa maka simak yuk ulasannya di bawah ini!

Tidak Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Belanja di Alfamart dengan limit Akulaku ini akan memudahkan kamu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari pada saat kondisi finansial sedang tidak memungkinkan. Nantinya, total belanja di merchant ini akan masuk sebagai tagihan Akulaku yang wajib untuk dilunasi sesuai batas waktu yang ditentukan.

Akan tetapi, lantaran satu dan lain hal, sejumlah pengguna mengaku tidak bisa menggunakan limit Akulaku untuk belanja di Alfamart. Kalau demikian kondisinya maka mau tidak mau kamu perlu menyiapkan uang cash untuk melunasi tagihan belanja yang sudah masuk ke sistem pembayaran di Alfamart.

Nah, buat kamu yang masih mempunyai tabungan di rekening bank maupun dompet digital, barangkali hal ini tidak menjadi masalah. Namun, kalau barang belanjaan sudah di-scan oleh Kasir Alfamart dan ternyata limit Akulaku tidak bisa digunakan untuk membayar belanjaan, padahal di dompet maupun ATM tidak ada saldo sama sekali, maka tentunya hal ini akan sangat merepotkan ya.

Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir sebab di bawah ini akan disajikan solusi mengatasi hal tersebut. Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti disadur dari Proses Kredit.

tidak bisa belanja di alfamart pakai akulaku

Penyebab Gagal Beli Barang

Saat kamu tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku, sebaiknya kamu tetap tenang. Pasalnya, kendala semacam ini bisa terjadi karena beberapa faktor sebagai berikut.

1. Kode Pembayaran Kedaluwarsa

Pertama, kode pembayaran yang tertera di aplikasi Akulaku sudah kedaluwarsa. Penting diketahui, kode ini mempunyai masa aktif kurang dari 10 menit.

Dengan demikian, saat sudah memilih barang belanjaan lalu proses antre memakan waktu cukup lama, kode pembayaran yang telah disiapkan itu akan hangus secara otomatis.

2. Total Tagihan Melebihi Limit Akulaku

Penyebab berikutnya kamu tidak bisa belanja di Alfamart menggunakan limit Akulaku juga bisa disebabkan oleh total tagihan belanjaan yang melebihi sisa limit Akulaku.

Apabila terjadi hal demikian maka bisa dipastikan sistem tidak dapat memproses transaksi yang akan kamu lakukan.

Baca juga: Cara Daftar BNC Neo Now Akulaku, Ada Cashback per Transaksi!

3. Masih Mempunyai Tagihan Pinjaman Tunai

Hal lain yang menjadi penyebabnya adalah karena pada akun Akulaku kamu masih ada tagihan Pinjaman Tunai, baik KTA Asetku maupun Dana Cicil, yang belum dilunasi.

Perlu diketahui, salah satu syarat belanja di Alfamart menggunakan limit Akulaku adalah kamu tidak boleh memiliki tagihan selain Akucicil (cicilan barang).

Solusi agar Bisa Belanja di Alfamart Pakai Akulaku

Nah, setelah mengetahui penyebabnya, silakan kamu beri tahukan kepada petugas kasir Alfamart bahwa kamu akan segera melunasi tagihan belanjaan yang sudah tercantum pada sistem. Berikutnya, silakan lakukan beberapa metode berikut ini untuk mengatasi tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku.

1. Memperbarui Kode Pembayaran

Pertama, kamu bisa memperbarui kode pembayaran, yakni dengan cara menekan tombol refresh di layar smartphone. Kemudian, silakan berikan kode itu kepada petugas kasir untuk di-scan.

2. Mengurangi Jumlah Tagihan

Kedua, kamu bisa mengurangi barang belanjaan agar nominal tagihan tidak melebihi limit Akulaku yang dimiliki. Saat saldo sudah mencukupi, pembayaran pakai Akulaku bisa diproses kembali.

3. Melunasi Tagihan KTA Asetku/Dana Cicil

Terakhir, kamu harus melunasi tagihan Pinjaman Tunai di Akulaku terlebih dahulu. Setelah semua tagihan KTA Asetku atau Dana Cicil ini lunas, transaksi pembelian barang di Alfamart menggunakan Akulaku bisa dilanjutkan.

Sekian ulasan tentang tidak bisa belanja di Alfamart pakai Akulaku yang perlu kamu ketahui. Semoga sukses ya!

Baca juga: Cara Mencairkan Limit Akulaku ke OVO, Inilah Syaratnya

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE