28.6 C
Jakarta
Selasa, 31 Januari, 2023

Tingkatkan Kompetensi Digital Masyarakat, Program Skills for Jobs Indonesia Diluncurkan

JAKARTA, duniafintech.com – Menjelma sebagai negara dengan ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara pada tahun 2022, Indonesia juga diprediksi memiliki nilai ekonomi digital hingga menyentuh US$130 miliar pada tahun 2025. Pemerintah juga terus mendorong penciptaan talenta digital dengan mengakselerasi peningkatan keterampilan dan produktivitas melalui berbagai kebijakan. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama Microsoft dan Pijar Mahir meluncurkan Program Skills for Jobs Indonesia dalam Webinar “The Importance of Digital Skills in the Dynamic Workforce”.

Baca juga: Kementerian Perdagangan Terima Aduan Paling Banyak soal Belanja Online

Didukung mitra pelaksana, program tersebut bertujuan memberikan literasi digital, keterampilan digital, dan persiapan kerja gratis kepada sedikitnya satu juta masyarakat hingga tahun 2024 mendatang. Program Skills for Jobs Indonesia juga sudah mulai dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui link aka.ms/SfJIndonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan peningkatan kemampuan literasi digital dasar, program tersebut menyediakan berbagai modul dan dilengkapi dengan keterampilan digital lanjutan seperti analisis data, manajemen proyek, dan administrasi profesional.

Tidak hanya kemampuan hard-skill, Program Skills for Jobs Indonesia juga menghadirkan modul soft-skills dan entrepreneurship, serta memungkinkan peserta untuk dapat memilih learning path yang sesuai dengan minatnya masing-masing.

“Dalam kurun waktu satu bulan terakhir, program ini telah memberikan pelatihan terhadap 385 trainers dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang merupakan perwakilan-perwakilan dari Balai Latihan Kerja, Unit Pelaksana Teknis Daerah, Unit Pelaksana Teknis, dan Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas dari seluruh Indonesia,” ungkap Staf Ahli Bidang Transformasi Digital, Kreativitas, dan Sumber Daya Manusia Rizal Edwin.

Direktur Corporate Affairs Microsoft Indonesia Ajar Edi menjelaskan Program Skills for Jobs Indonesia menyediakan dua platform pembelajaran daring yang dapat diakses secara gratis yakni Pijar Mahir dari Kartu Prakerja dan e-Training dari Kementerian Ketenagakerjaan. Usai lulus dari pelatihan, peserta dapat bergabung di SATU Talenta yang merupakan komunitas LinkedIn yang menghubungkan perusahaan dengan talenta digital yang telah memiliki sertifikasi Microsoft.

Baca juga: Ini Jurus Kementerian Perindustrian Dongkrak Produktivitas Industri Kecil Menengah

Komunitas tersebut bertujuan untuk mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan dunia kerja mulai dari keterampilan digital, networking, hingga lowongan pekerjaan.

“Disinilah peran growth mindset menjadi penting. Bagaimana kita dapat cepat beradaptasi dengan kebutuhan industri melalui pengembangan kapasitas diri,” ujar Edi.

Selain menyasar masyarakat dalam angkatan kerja secara umum, Head of Vertical Ecosystem Education PT Telkom Indonesia Tbk. Sri Safitri mengatakan Program Skills for Jobs Indonesia juga berupaya untuk dapat mengakomodir peningkatan keterampilan dan produktivitas pegawai pemerintah, widyaiswara, serta pegawai negeri sipil.

“Kebutuhan talenta digital ini tidak cukup dipenuhi dari lulusan perguruan tinggi maupun angkatan kerja sekarang saja. Dengan kebutuhan talenta digital yang semakin meningkat, perlu ada persiapan sejak dini,” kata Safitri.

Baca juga: Kementerian Perdagangan Pastikan Lembaga Pembiayaan Dukung UMKM untuk Ekspor

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Investasi Sektor Manufaktur Naik 52 Persen di Tahun 2022, Tembus Rp497,7 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Investasi pada sektor industri manufaktur di Tanah Air terus meningkat meski di tengah dinamika geopolitik dunia yang menyebabkan ketidakpastian ekonomi global....

Daftar HP Samsung Terbaru 2023 Dari Berbagai Seri

JAKARTA, duniafintech.com - Samsung dikenal sebagai salah satu merek ponsel pintar atau HP favorit banyak orang, terutama bagi para pengguna sistem operasi Android. Pasalnya,...

Sri Mulyani Upayakan Sinergi APBN Kembangkan Produktivitas UMKM

JAKARTA, duniafintech.com - Sinergi APBN sebagai instrumen keuangan negara dengan para pelaku usaha menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani dapat mengamplifikasi pemulihan ekonomi Indonesia. Berkaitan dengan...

Moncer! Ekspor Mobil Surplus Capai 64 Persen

JAKARTA, duniafintech.com - Industri otomotif ekspor mobil surplus merupakan salah satu sektor manufaktur yang strategis karena berperan penting dalam upaya menopang perekonomian nasional.  Juru Bicara...

Berikan PMN, Sri Mulyani Minta BTN Penuhi Kebutuhan Rumah

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan hak untuk mendapatkan tempat tinggal, termasuk dari BTN, yang layak diatur dalam undang-undang. Namun...
LANGUAGE