25 C
Jakarta
Sabtu, 28 Januari, 2023

Tips Sukses Trading Bitcoin, Coba Terapkan 5 Kiat Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Tips sukses trading Bitcoin tentunya penting untuk diketahui dan dipahami, utamanya oleh para trader pemula.

Hal itu karena, pada dasarnya, mencoba berinvestasi dengan membeli bitcoin memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Nah, supaya kamu tidak mengalami kerugian dalam trading Bitcoin, ada sejumlah tips yang bisa dicoba agar dapat meraih cuan.

Berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca juga: Berita Bitcoin Hari Ini: Bitcoin Melemah, Solana Masih Menguat, Cek Harganya di Sini

Tips Sukses Trading Bitcoin: Mengenal Kembali Bitcoin

Sebagai pengingat saja, Bitcoin adalah mata uang sekaligus aset kripto dengan sistem yang mirip jaringan peer to peer terdesentralisasi.

Dalam arti, semua transaksinya tidak diterbitkan, dikontrol, atau didukung oleh suatu bank/pemerintah negara mana pun.

Bitcoin pun sering disebut sebagai uang digital, aset kripto, atau uang elektronik yang dapat dijadikan sebagai alat pembayaran sekalipun hanya terbatas serta bisa ditransfer antar pemilik.

Jumlah Bitcoin pun terbatas, yakni sebanyak 21 juta keeping saja. Berpijak pada faktor itu, kepemilikan koin yang satu ini pun akan memiliki perubahan nilai setiap tahunnya. 

Saat banyak orang yang berminat dengan Bitcoin, harganya akan tinggi, demikian pula sebaliknya.

Panduan dan Cara Trading  Bitcoin

  1. Buat Akun Bitcoin

Pertama, kamu mesti dengan membuat akun di sebuah aplikasi trading crypto. Saat ini, sudah banyak aplikasi trading Bitcoin yang dapat dipilih. Namun, yang menjadi acuan, yakni aplikasi itu harus sudah legal dan diakui oleh pemerintah.

  1. Verifikasi Akun

Langkah berikutnya adalah mendaftar di aplikasi yang sudah kamu pilih, kemudian mengisi biodata/data diri lalu diverifikasi.

Di tahap ini, kamu wajib mengisi data diri sesuai dengan KTP dan menyertakan foto diri untuk memastikan keamanan akun yang dibuat.

  1. Isi Deposit sesuai dengan Kurs Mata Uang

Selanjutnya, kamu bisa mulai mendepositkan sejumlah uang riil, misalnya dalam bentuk rupiah atau dollar.

Nilai Bitcoin nantinya akan dikonversikan sesuai dengan kurs yang berlaku ketika kamu membeli dengan mata uang Rupiah, misalnya.

  1. Mulai Jual Beli Bitcoin

Kemudian, kamu bisa melakukan jual beli dengan cepat. Di sini, kamu bisa mulai melakukan jual beli Bitcoin dengan cara memantau chart/grafik kripto dari berbagai mata uang digital yang ada.

Kalau kamu menggunakan Bitcoin, misalnya, maka kamu bisa memantau harga khusus Bitcoin dan segera bertransaksi.

Baca juga: Peluang dan Resiko Trading Bitcoin, Cuan Maksimal Jika Konsisten

Tips Sukses Trading Bitcoin

Tips Sukses Trading Bitcoin

1. Pilih Media exchange yang legal sebagai Tips Sukses Trading Bitcoin

Pertama-tama, sebelum melakukan trading, sebaiknya kamu mencari media exchange yang terjamin dalam sisi keamanan transaksi dan investasi aset.

Dalam hal ini, kamu mesti memilih media exchange yang terpercaya dan legal, terdaftar dalam Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), misalnya Indodax dan lain-lain.

Aplikasinya pun bisa kamu unduh di gadget via Appstore dan PlayStore.

2. Manfaatkan Fitur Trading dari Aplikasi sebagai Tips Sukses Trading Bitcoin

Setelah membuka akun di aplikasi trading crypto, selanjutnya kamu dapat memanfaatkan fitur yang tersedia untuk membantu proses trading Bitcoin.

Misalnya saja fitur chart harga yang akan memudahkanmu menganalisis harga Bitcoin. Kemudian, ada fitur cut loss yang membantu kamu mencegah terjadinya kerugian pada standar harga tertentu.

Lalu juga ada fitur short selling untuk mengatur jaminan keuntungan kendati harga Bitcoin sedang turun serta fitur verifikasi keamanan tambahan dan masih banyak lagi lainnya.

3.Pelajari Tanda Pergerakan Nilai sebagai Tips Sukses Trading Bitcoin

Mengingat bahwa perdagangan crypto tidak dikontrol oleh negara/lembaga, trading Bitcoin pun akan dilakukan hanya oleh pembeli dan penjual.

Dengan demikian, kamu pun harus terus mempelajari setiap pergerakan nilai Bitcoin di sebuah chart. Kendati membutuhkan pemahaman yang matang, tetapi bukan berarti tanda kenaikan/penurunan harga sama sekali mustahil dipahami.

Dalam hal ini, kamu bisa belajar pergerakan grafik candlestick dari harga Bitcoin, membaca popularitas, atau tanda yang sering muncul lainnya.

4. Beli ketika Harga Turun, Jual Sewaktu  Harga Tinggi

Meski tampak mudah, pada dasarnya analisis pergerakan tetap harus dilakukan.

Trading Bitcoin sendiri memang mirip dengan trading saham sehingga pergerakan nilai harus diperhatikan dengan detail.

Di sini, kamu bisa membeli ketika harga turun atau menjual Bitcoin pada saat harga naik dan dari situlah nantinya keuntungan dapat diraih.

5. Pahami Sejumlah biaya yang Dibebankan

Selanjutnya, kamu juga wajib untuk memperhatikan biaya yang dibebankan setiap kali kamu transaksi dalam Bitcoin.

Pasalnya, setiap aplikasi memberlakukan besaran biaya tambahan yang berbeda-beda.

Dalam hal ini, akan ada yang mengenakan biaya tambahan transaksi pembelian dan penarikan dengan jumlah yang sama (flat fee) serta juga ada yang memiliki tarif biaya yang berbeda sesuai dengan transaksi yang dilakukan.

Nah, dengan memahami biaya yang dipatok dan ketentuan lain yang berlaku di media trade, kamu akan menjadi lebih mudah dalam memilih aplikasi trading Bitcoin yang cocok denganmu.

Sekian ulasan tentang tips sukses trading bitcoin yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Mengenal Jenis Trading Bitcoin Beserta Rekomendasi Platform Trading

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Normalisasi APBN, Pemerintah tidak Tanggung Biaya Pasien Covid-19

JAKARTA, duniafintech.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa seluruh belanja APBN 2023 telah dinormalisasi atau normalisasi APBN. Artinya, seluruh belanja APBN...

Masa PPKM Dicabut, Pemerintah Rumuskan Kebijakan Pasca Pandemi

JAKARTA, duniafintech.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan terkendalinya laju kasus pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini telah mendorong perbaikan kondisi perekonomian nasional yang...

Apa Itu Crypto Winter dan Bagaimana Dampaknya terhadap Investor?

JAKARTA, duniafintech.com – Apa itu crypto winter? Istilah ini kian santer terdengar belakangan ini, utamanya di kalangan peminat kripto. Sebagai informasi, saat ini di dunia...

AFPI Salurkan Pendanaan Mencapai Rp495,51 Triliun

JAKARTA, duniafintech.com - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) mencatat sejak 2018 hingga November 2022, agregat penyaluran pendanaan mencapai Rp495,51 triliun yang disalurkan oleh...

Berita Ekonomi Hari Ini: Mulai Juni, RI Setop Ekspor Timah dan Tembaga

JAKARTA, duniafintech.com – Berita ekonomi hari ini mengulas terkait larangan ekspor timah dan konsentrat tembaga dan mineral lainnya. Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), dipastikan bahwa...
LANGUAGE