28.3 C
Jakarta
Kamis, 18 Juli, 2024

Uji Emisi Jakarta, Ini Daftar Lokasi dan Biayanya

JAKARTA, duniafintech.com – Uji emisi Jakarta sangat penting untuk dilakukan oleh mereka yang berkendara di sekitar wilayah DKI Jakarta.

Hal itu karena pemerintah DKI Jakarta telah menerapkan sanksi tilang bagi kendaraan yang tidak lolos uji emisi, yang berlaku sejak tanggal 13 November 2021. 

Adapun besaran denda kendaraan yang tidak memenuhi standar uji emisi motor maksimal sebesar Rp250.000, sedangkan denda tilang mobil maksimum Rp500.000.

Tujuan dari uji emisi ini, yaitu untuk mengurangi polusi udara di Ibu Kota. Hal itu karena jumlah kendaraan bermotor di DKI Jakarta terlampau banyak. Oleh sebab itu, kamu perlu segera mengecek lokasi uji emisi mobil jika tidak mau terkena denda tilang akibat tidak melakukan maupun tidak lolos uji emisi.

Nah, di bawah ini akan disajikan ulasan mengenai sejumlah tempat uji emisi terdaftar, seperti bengkel uji emisi, kios uji emisi, maupun kendaraan layanan uji emisi (mobile) yang bisa kamu datangi. Simak yuk!

Apa Itu Uji Emisi?

Menurut data Badan Pusat Statistik Indonesia (BPS), jumlah kendaraan bermotor di DKI Jakarta pada tahun 2020 lalu mencapai 20.221.821. Kalau kendaraan yang berkendara ini tidak dikontrol dengan baik maka bisa berdampak terhadap memburuknya kualitas udara. 

Karena itu, sesuai dengan Peraturan Gubernur DKI (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020, seluruh kendaraan wajib melakukan dan lulus uji emisi. Pengertian uji emisi adalah pengujian pada kendaraan yang dilakukan untuk mengetahui kinerja mesin, yang nantinya akan terdeteksi pada sebuah monitor khusus. 

Dengan menggelar uji emisi, bisa diketahui tingkat efisiensi pembakaran dalam mesin tersebut. Hasil uji emisi ini bakal berdampak terhadap kesehatan kendaraan maupun lingkungan.

Adapun pengujian ini dilakukan lewat sejumlah proses penting terkait kondisi kendaraan, mulai dari kondisi injektor, kadar gas buang mesin, hingga kadar sisa gas buang dari knalpot. Nah, setelah pengecekan selesai dilakukan, pengendara akan mendapatkan bukti lulus uji emisi.

Pengecekan ini pun bisa diperoleh lewat aplikasi e-uji emisi dengan memasukkan nomor polisi kendaraan. Apabila kendaraan kamu dinyatakan tidak lulus uji emisi maka kamu harus bersiap akan dikenakan denda tilang sesuai ketentuan dan aturan yang berlaku. 

Tujuan Melakukan Uji Emisi

Uji emisi Jakarta tentunya sejumlah manfaat dan tujuan, khususnya untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta. Berikut ini penjelasan selengkapnya.

1. Mengurangi pencemaran udara

Tingginya jumlah kendaraan bermotor telah terbukti menjadi salah satu pemicu meningkatnya pencemaran udara akibat kemacetan dan polusi yang ditimbulkan. Jumlah emisi yang dikeluarkan dari berbagai kendaraan pun cukup banyak, misalnya debu, Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan Nitrogen Oksida (NO).

Kandungan itu membuat kualitas udara di Jakarta memburuk. Sektor transportasi sendiri telah menjadi sumber utama polusi udara sebab menyumbang polutan NOx (72,40 persen), CO (96,36 persen), PM10 (57,99 persen), dan PM2.5 (67,03 persen).

2. Mencegah kerusakan kendaraan

Di samping bermanfaat untuk perbaikan kualitas udara, uji emisi pun berdampak baik terhadap kendaraan itu sendiri. Sebagaimana disinggung tadi, tujuan uji emisi adalah untuk mengetahui kondisi mesin kendaraan dengan mengecek emisi atau gas mesin yang keluar ke udara. 

Kendaraan yang sudah mencapai ambang batas emisi atau batas maksimum bahan pencemar pertanda bahwa ada kinerja mesin yang tidak optimal. Nah, kalau kamu melakukan uji emisi rutin, minimal setahun sekali, maka hal itu bisa mencegah kerusakan lebih parah. Apalagi jika kondisi ini didukung dengan servis berkala di bengkel.

3. Menjadi syarat aman berkendara di Jakarta

Tujuan uji emisi Jakarta juga menjadi syarat aman berkendara di Ibu Kota. Hal itu sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 66 Tahun 2020. Dalam aturan itu tertuang bahwa kendaraan yang telah berusia lebih dari tiga tahun, tetapi tidak melakukan uji emisi atau tidak lulus uji emisi, maka akan kena tarif parkir tertinggi dan sanksi denda tilang.

Oleh sebab itu, jika kamu ingin berkendara lebih nyaman dan aman tanpa melanggar aturan maka sebaiknya segera melakukan uji emisi.

4. Mendukung terwujudnya smart environment 

Dengan melakukan pengujian emisi secara berkala, itu artinya kamu sudah membantu mengurangi polusi udara. Secara luas, kamu pun ikut membantu pertumbuhan smart environment di Jakarta.

Apabila smart environment ini telah terwujud maka keberlanjutan sumber daya akan meningkat. Di samping itu, lingkungan juga menjadi bersih tertata.

Baca juga4 Risiko Kerugian Membeli Mobil Cash yang Wajib Dipahami

uji emisi jakarta

Cara Melakukan Uji Emisi Jakarta

Karena pentingnya uji emisi, sebaiknya kamu melakukan pengujian kendaraan ini secepatnya. Pengujiannya pun hanya membutuhkan waktu sekitar 5—7 menit. Berikut ini prosedur uji emisi di Jakarta.

1. Mencari lokasi uji emisi terdekat

Masyarakat Jakarta dapat melakukan uji emisi dengan cara mendatangi bengkel uji emisi, kios uji emisi, kendaraan uji emisi (mobil), atau juga di Kantor Dinas Lingkungan Hidup. Untuk memudahkan pencarian, kamu bisa mengunduh aplikasi e-uji emisi dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta pada smartphone kamu. 

Di aplikasi tersebut, kamu bisa menemukan lokasi uji emisi mobil maupun motor terdekat yang siap melakukan uji emisi. Caranya sebagai berikut:

a. Buka aplikasi e uji emisi di smartphone

b. Pada menu utama, tekan pilihan “Bengkel Uji Emisi” yang berada di bagian kanan atas. 

c. Temukan lokasi bengkel terdekat lewat bantuan GPS di smartphone kamu. Di samping itu, kamu juga bisa mencari tempat uji emisi berdasarkan wilayah tempat kamu berada. 

Adapun informasi seputar lokasi di aplikasi ini terbilang detail, mulai dari alamat dan jarak bengkel, hingga nomor telepon yang bisa dihubungi untuk memesan jadwal pemeriksaan.

2. Prosedur uji emisi

Kalau sudah menemukan lokasi terdekat maka selanjutnya kamu bisa langsung mendatangi tempat itu untuk melakukan pengujian, dengan dibantu oleh teknisi. Nah, setiap teknisi akan dibekali alat ukur gas buang (exhaust gas analyzer). Berikut ini tahapan uji emisi kendaraan:

a. Kendaraan diuji dalam posisi hidup tanpa menyalakan alat elektronik pada kendaraan, seperti lampu atau juga radio.

b. Pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor dilakukan dengan memasangkan alat pendeteksi gas pada knalpot. Proses ini dimulai dengan putaran mesin yang dinaikkan mencapai 1.900—2.000 rpm, lalu ditahan selama 60 detik, sebelum kembali pada kondisi idle.

c. Tahap selanjutnya yaitu pengukuran yang dilakukan dengan kondisi mesin idle atau dalam putaran mesin 800—1.400 rpm. 

d. Teknisi memasukkan selang pengukur (probe) ke dalam lubang knalpot kendaraan dengan kedalam 30 cm selama 20 detik. 

e. Kadar dan kandungan zat asap kendaraan akan tercatat setelah selesai. Sementara, zat yang terdeteksi seperti kadar Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), maupun unsur lainnya yang berasal dari gas buang yang dihasilkan oleh proses pembakaran (combustion) yang tidak sempurna.

Uji Emisi di Jakarta Gratis

Uji emisi kendaraan, baik mobil maupun motor, bervariasi tergantung dengan perhitungan masing-masing bengkel yang dituju, dengan kisaran sebagai berikut:

1. Tarif uji emisi motor: Rp50.000—Rp60.000. Sejumlah bengkel juga membuat uji emisi sebagai bagian dari komponen biaya servis rutin.

2. Tarif uji emisi mobil: Rp150.000—Rp200.000. 

Namun, kamu pun bisa memperoleh layanan uji emisi Jakarta gratis yang tersedia langsung oleh pemerintah. Contohnya, lokasi uji emisi di Jakarta gratis dilakukan di bengkel Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta di Cililitan dengan jam pelayanan mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. 

Lokasi Uji Emisi Mobil dan Motor Terdekat di Jakarta

Mengutip laman  https://ujiemisi.jakarta.go.id/, berikut ini data statistik terbaru terkait pengujian emisi kendaraan di Jakarta:

1. Statistik Roda 4 (mobil)

a. Jumlah Bengkel: 309

b. Jumlah Teknisi: 872

c. Total Pengujian: 639.791

2. Statistik Roda 4 (motor)

a. Jumlah Bengkel: 89

b. Jumlah Teknisi: 161

c. Total Pengujian: 57.507

Nah, selanjutnya, inilah beberapa lokasi uji emisi di Jakarta.

Jakarta Pusat

1. Pegasus Bungur Besar Kemayoran (Bengkel Pegasus): Jl. Bungur Besar Raya No.75, RT.12/RW.1, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610

2. Fontana Indah Motor (Bengkel resmi Chevrolet & Body Repair): Jl. Gn. Sahari XI No.21, RT.7/RW.3, Gn. Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10720

3. Shop & Drive Benhil: Jl. Bendungan Hilir No.104, RT.13/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210

4. Tunas Toyota Pecenongan: Pecenongan St No.60, RT.1/RW.4, Kebon Kelapa, Gambir, Central Jakarta City, Jakarta 10120

5. Prabu Motor Mercedes Benz: Jl. Sukarjo Wiryopranoto No.26B, RT.1/RW.1, Kb. Klp., Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10120

6. Honda Jakarta Center: Jl. P Jayakarta Komp. No.50, RT.7/RW.7, Mangga Dua Sel., Kecamatan Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730

7. Auto 2000 Cempaka Putih: Jl. Letjend Suprapto No.63, RT.2/RW.4, Galur, Kec. Johar Baru, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10520

8. Kios Uji Emisi Autobless: Jl. Cempaka Mas Timur No. 586 (Pintu Masuk Ramp Timur, Dekat Pujasera/Masjid) Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta 10640. Telp: 0857-7608-9048

9. Auto Service Letjend Suprapto: Kav. 17, Sumur Batu I, RT.11/RW.5 Cempaka Baru Kemayoran, Jl. Letjend Suprapto No.28, RT.9/RW.7, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat

10. Auto 2000 Salemba: Jl. Salemba Raya No.67, RT.5/RW.6, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440

11. PT Sun Star Prima Motor Cempaka Putih: Jl. Letjend Suprapto No.M 78 – Jakarta Pusat

12. Honda Cakra Pangukir: Jl. Salemba Raya No.23, RT.1/RW.3, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440

13. Auto 2000 Garuda: Jl. Garuda No.84, RT.2/RW.8, Kemayoran, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10620

14. PT Nusantara Berlian Motor: Jl. Suryopranoto No.77, RT.2/RW.7, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160

15. PT Dipo Internasional Pahala: Jl. Cideng Barat No.65, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10150

16. Bengkel Nawilis Ban: Jl. Tanah Abang I No.12, RT.11/RW.8, Petojo Sel., Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10160

17. PT IKM Honda Hasyim Ashari: Jl. KH. Hasyim Ashari No.24, RT.1/RW.4, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10130

18. PT Advance Analytics Asia Laboratories: Ruko Salemba Mas, Jl. Salemba Raya No.34, RT.5/RW.6, Kenari, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430

Uji Emisi Jakarta Barat

1. Tunas Toyota Kebayoran Lama: Jl. Raya Kby. Lama No.38, RT.2/RW.11, Sukabumi Utara, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11540

2. Bengkel Delta Auto by Castrol: Jl. Mangga Besar VIII No 12 AC, RT.1/RW.1, Taman Sari, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11150

3. Auto 2000 Jayakarta: Jl. P. Jayakarta No. 9-11 RT.8/RW.4 RT.8, RT.1/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110

4. Tunas Mobilindo Parama Tomang: Jl. Tomang Raya No.19, RT.1/RW.1, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440

5. Chung Service: Jl Duri TSS Raya 54-56 RT 010/001 Duri Selatan Tambora Jakarta Barat

6. Astrido Daihatsu Daan Mogot: Daan Mogot Rd No.234, RT.13/RW.3, Wijaya Kusuma, Grogol petamburan, West Jakarta City, Jakarta 11460

7. PT Istana Kemakmuran Motor (Honda IKM): Gedung Ikm, Jl. Raya Daan Mogot No.6, RT.6/RW.3, Wijaya Kusuma, Jakarta, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11460

8. PT Salindo Berlian Motor: Jl Daan Mogot Km 14%2F6 RT 001%2F02 Cengkareng Barat Cengkareng Jakarta Barat

9. Auto 2000 Puri Kembangan: Jl. Lkr. Luar Barat Jl. Kembangan Raya No.40, RT.5/RW.1, Kembangan Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat

10. Wilky G Motor: Jl. Taman Surya 3 No.5, RT.10/RW.15, Pegadungan, Kec. Kalideres, Kota Jakarta Barat

11. PT Multi Rentalindo Tunas Isuzu: Jalan Daan Mogot Raya KM 1. No.21-24, RT.8/RW.1, Tj. Duren Utara, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat

Baca jugaOwn Risk Asuransi Mobil, Ternyata Segini Biayanya Guys!

Jakarta Timur

1. Srikandi Diamond Motor Cakung: Jl. Raya Bekasi Kel No.KM.25, RT.1/RW.4, Ujung Menteng, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur

2. Raperindo Motor 1: Pertamina Olimart, Jl. Raya Kalimalang No.2, RT.1/RW.10, Pondok Kelapa, Duren Sawit, East Jakarta City, Jakarta 13450

3. PT Armada Auto Tara: Jl. Panjang No.46, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11530

4. Auto 2000 Kalimalang: Jl. Raya Kalimalang, RT.1/RW.7, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

5. Mitsubishi Arista Kalimalang: Jl. Raya Kalimalang No.19, RT.3/RW.16, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

6. Sejahtera Buana Trada

7. PT Blue Bird: Jl. Mayjen Sutoyo No.1a, RT.8/RW.6, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur

8. Nissan Halim: Jl. Halim Perdana Kusuma No.1, RT.1/RW.8, Kb. Pala, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur

9. Sejahtera Buana Trada Dewi Sartika: Jl. Dewi Sartika No.173, RW.12, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur

10. Tunas Toyota Cawang: Jl. Dewi Sartika No.145, RT.4/RW.12, Cawang, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur

11. Astrido Daihatsu Otista: Jl. Otista 3 No.1 A, RT.8/RW.9, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur

12. Tunas Toyota Jatinegara: Jl. Jatinegara Timur No.51, RT.11/RW.3, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur

13. Honda Arista Jatinegara: Jl. Raya Jatinegara Barat No.155, RT.10/RW.3, Bali Mester, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur

14. Tunas Toyota Radin Inten: Jl. Raden Inten II No.62, RT.8/RW.10, Duren Sawit, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur 

15. PD Yanto Motor: Jl. Kejaksaan, RT.3/RW.5, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

16. Honda Surya Jaya Cijantung: Jl. Raya Bogor Km 26 Nomor 21 RT/RW 007/001, RT.7/RW.8, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur

17. Tekno Body Repair: Jl. Raya Bekasi No.KM 20, RW.3, Rw. Terate, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur

18. Astrido Toyota Klender: Jl. Pahlawan Revolusi No.9, RT.1/RW.6, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

19. Auto 2000 Kramat Jati: Jl. Raya Bogor KM. 21 RT.012/01 Jakarta Timur Depan Pasar Induk Kramat Jati DKI Jakarta

20. Auto 2000 Pramuka: Jl. Pramuka No.146, RT.10/RW.5, North Utan Kayu, Matraman

21. Tunas Daihatsu Perintis: Jl. Perintis Kemerdekaan No.2, RT.2/RW.15, Kayu Putih, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur

22. Astra Isuzu Pramuka: Jl. Pramuka No.8, RT.9/RW.5, Utan Kayu Utara, Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur

23. Suzuki Matraman: Jl. Matraman Raya No.1 Pal Meriam Matraman Jakarta Timur

24. Sun Motor: Jl. Matraman Raya No.140 Jakarta

25. PT Batavia Bintang Berlian Pulogadung: Jl. Raya Bekasi No.20, RT.3/RW.7, Jatinegara Kaum, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur

Uji Emisi Jakarta Utara

1. Sejahtera Buana Trada (PIK): Jl. Pantai Indah Selatan I Sektor A Kapuk Muara Penjaringan RT.1/RW.6 Kapuk Muara RT.1, RT.1/RW.6, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

2. PT Broquet Indonesia: Jalan Gading Boulevard Kelapa Gading, Ruko Plaza Pasifik Blok A1 #1,3,5, RT.18/RW.8, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara

3. Asuransi International PT TBK (Auto 2000 Pluit): Jalan Pluit Selatan Raya No. 6 RT.02 / RW.09 RT.2, RT.18/RW.9, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

4. PT Astra International Tbk Daihatsu Gading: Jl. Yos Sudarso Kav 85 No.24, RT.10/RW.6, Sunter II, Tj. Priok, Kota Jkt Utara

5. Honda Autoland: Jl. Yos Sudarso Kav 85 No.24, RT.10/RW.6, Sunter II, Tj. Priok, Kota Jkt Utara

6. PT Danau Sunter Nissan Sunter: Jl. Danau Sunter Selatan Blok O3 No.53-54 Sunter Jaya Tanjung Priok

7. Dwi Arga Motor: Jl. Plumpang Semper No.46, RT.11/RW.2, Tugu Sel., Kec. Koja, Kota Jkt Utara

8. Tunas Daihatsu Bandengan: Jl. Bandengan Utara Raya No.40, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

9. PT Astrido Jaya Mobilindo Bandengan: Jl. Bandengan Utara Raya No.41A, RT.1/RW.15, Penjaringan, Kec. Penjaringan

10. Honda Pluit Juda Teruna: Jl. Pluit Selatan Raya No.2, RT.3/RW.7, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

11. PT Dipo Angkasa Motor Penjaringan: Jl. Pluit Selatan Raya No.1C, RT.16/RW.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

12. Nissan PIK: Jl. Pantai Indah Selatan No.1, RW.3, Kapuk Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14460

13. Mazda Sunter: Jl. Yos Sudarso Kav 85 No.88, RT.10/RW.11, Sunter Jaya, Tj. Priok, Kota Jkt Utara

14. Peugeot Sunter: Jl. Yos Sudarso Kav 24 RT.10/RW.6. Sunter II, Jakarta Utara (021) 651 2325.

15. Auto 2000 Yos Sudarso: Jl. Laks. Yos Sudarso Kav. 46-48 Blok A1-8 Sunter, RT.10/RW.6, Bambu River, Tanjung Priok

16. Pahala Otomotif Penjaringan: Jl. Pluit Raya No.16, RT.7/RW.8, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara

17. Srikandi Diamond Motors Sunter: Jl. Danau Sunter Utara No.14, RT.6/RW.4, Papanggo, Tj. Priok, Kota Jkt Utara

18. Maju Motor Kelapa Gading: Blok RA 11 No.22, Jl. Boulevard Raya No.RT.13, RT.13/RW.15, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Kota Jkt Utara

Jakarta Selatan

1. Auto 2000 Lenteng Agung: Jl. Raya Lenteng Agung no. 8A, Tanjung Barat Jakarta Selatan

2. PT Mitra Istana Sendany: Jl. Raya Lenteng Agung No.55, RT.5/RW.1, Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan

3. PT Nusantara Mobil Internasional: Jl. MT Haryono Kav. 6 Jakarta

4. Putra Borneo Nusantara Indah: Jl. H Kavling No.5, RT.6/RW.14, Kebon Baru, Tebet

5. PT Srikandi Diamond Motors Lenteng Agung: Jl. Raya Lenteng Agung No.105, Jakarta SelataN

6. Tirta Agung Ban: Jl. Raya Pasar Minggu, RT.13/RW.5, Pejaten Timur., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan 

7. PT Bumen Redja Abadi Tebet: Jl. Dr. Saharjo No.321, RW.1, Tebet Barat

8. BMW Tebet: Jl. Prof. DR. Soepomo No.174, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan

9. Auto 2000 Saharjo: Jl. Dr. Saharjo No.246A, RW.4, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan

10. Tunas Daihatsu Soepomo: Jl. Prof. DR. Soepomo No.31, RT.13/RW.2, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan

11. Tunas Daihatsu Mampang: Jl. Mampang Prpt. Raya No.95, RT.8/RW.1, Tegal Parang, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan

12. Mercedes TB Simatupang: Jl. TB Simatupang Kav. 5, Lebak Bulus, Cilandak, RT.16/RW.6, Cilandak Bar., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan

13. Rajawali Ban: Jl. Karang Tengah Raya No.10A, RT.7/RW.4, Lb. Bulus, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan 

14. Shop & Drive Ampera: Jl. Ampera Raya No.138, RW.10, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan

15. Cakrawala Automotif Rabhasa: Jl. Denpasar Raya No.Kav 12, RT.7/RW.4, Kuningan, Kuningan Timur., Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan

16. Ananta Auto Andalan: Jl. Mampang Prpt. Raya No.72, RT.1/RW.3, Mampang Prpt., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan

17. Mercindo Autorama: Jl. Mampang Prpt. Raya No.70, RT.2/RW.5, Mampang Prpt

18. Sun Star Prima Motor Fatmawati: Jl. RS. Fatmawati Raya No.58, RT.3/RW.5, Cilandak Barat., Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan

19. Lestari Ban: Jl. Panglima Polim Raya No.62 – Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

20. PT Nawilis Maju Sejahtera: MT Haryono, RT.10/RW.9, Tebet Timur, jakarta, RT.10/RW.9 Tebet Timur 

21. Andalan Ban: Jl. Radio Dalam Raya No.F1, RT.5/RW.4, Gandaria Utara, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan 

Daftar Lokasi Uji Emisi Motor di Jakarta

Selain untuk kendaraan roda empat, pemilik sepeda motor bisa mengunjungi 15 lokasi uji emisi Jakarta berikut ini:

1. PT Tritala Sakti Utama Motor, Jalan Matraman Raya No 63, Pal Meriam

2. PT Astra Int Honda Dewi Sartika, Jalan Dewi Sartika No 255, Cawang

3. Yamaha Pelita Motor, Jalan Jenderal Pol RS Sukamto No 1A, Malaka Jaya

4. CV Farama Consultant, Jalan Pahlawan Revolusi No 7, RT 004/RW 005

5. Indobuana Autoraya Sunter (Suzuki Duren Sawit), Jalan Kolonel Sugiono No 20, Duren Sawit 

6. Mekar Karya Pratama Yamaha, Jalan Rc Veteran No 162, Bintaro, Pesanggrahan Jakarta Selatan

7. PT Wahana Ritelindo, Jalan Gunung Sahari Raya No 32, Jakarta Pusat

8. Indobuana Autoraya Sunter (Suzuki Sunter), Jalan Danau Sunter Selatan, Blok O/III, Jakarta Utara

9. Toko Asco Motor, Jalan Pegangsaan Dua No 99A, RT 5/RW 2, Jakarta Utara

10. PT Surganya Motor Indonesia, Jalan Perjuangan Panjang No 35, RT 001/RW 002, Kel. Kelapa Dua, Jakarta Barat

11. Kios Uji Emisi Auto Bless Motor, Jalan Letjen Suprapto, Kav.No 1, Kel. Sumur Batu Jakarta Barat

Demikianlah penjelasan soal uji emisi Jakarta yang penting dipahami. Ingat ya, demi keberlanjutan lingkungan hidup, jangan lupa untuk melakukan uji emisi kendaraan kamu.

Baca jugaCari Mobil Diesel Terbaik? Inilah Rekomendasi dan Harganya

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Iklan

mau tayang di media lain juga

ARTIKEL TERBARU