28.5 C
Jakarta
Selasa, 30 November, 2021

3 Cara Buat Password Ini Mudah Diingat Tapi Dijamin Anti-Hackers

DuniaFintech.com – Cara buat password apa perlu trik? Simak yang satu ini! Di tengah kabar kenaikan harga Bitcoin, ada sebuah berita berbeda yang cukup menarik tentang seorang Stefan Thomas, seorang pria asal Jerman yang kehilangan Bitcoin miliknya senilai triliunan rupiah.

Penyebabnya ternyata cukup simpel dan juga kerap dialami orang banyak: lupa password. Walaupun terkesan simpel, tapi kalau ada di posisi Thomas yang nyaris jadi triliuner, siapa yang tak kesal?

Lupa password atau kata sandi untuk berbagai akun adalah hal yang lumrah terjadi. Karena khawatir sering lupa, banyak orang yang kemudian memilih untuk membuat kata sandi yang mudah diingat dan sayangnya juga mudah ditebak. Pada akhirnya, ini justru akan membuat akun Anda menjadi tidak aman. 

Lantas, bagaimana caranya membuat kata sandi yang unik, mudah diingat namun tetap kuat dan tidak mudah ditembus hacker? Simak tipsnya berikut ini!

Baca Juga:

Gunakan 4 Komponen dalam Kata Sandi Anda

Banyak situs yang mensyaratkan penggunanya membuat kata sandi yang terdiri dari paduan angka, huruf, huruf kapital, huruf kecil hingga simbol. Ini sebenarnya memang bisa menciptakan kombinasi kata sandi yang kuat.

Sayangnya, banyak orang yang kemudian mengalami kesulitan untuk mengingatnya. Untuk mengatasi hal ini, berikan sentuhan identitas yang membuat Anda merasa terhubung dengan kata sandi tersebut.

Misalnya saja, Anda ingin menggunakan nama Felix. Cukup ambil 3 huruf pertama atau 3 huruf terakhir sebagai kode pengingat. Selanjutnya, padukan dengan angka dan simbol. Misalnya: Lix100%saja. Anda juga bisa menggunakan tanggal lahir sebagai paduan angka. Tapi jangan menggunakan semua urutan angka dalam tanggal lahir Anda karena hal tersebut juga rawan peretasan.

Gunakan Kalimat Panjang

Dilansir dari FoxNews, membuat kata sandi dengan menggunakan kalimat panjang yang terdiri antara 16-64 karakter juga bisa menjadi opsi yang bagus. Selain memudahkan Anda dalam mengingat, kalimat-kalimat ini akan sulit ditebak oleh hacker. Contohnya: 14MangkokBubur&ayam.

Bedakan Password untuk Semua Akun Anda

Banyak orang yang takut lupa password kemudian memilih menggunakan kata sandi yang sama untuk semua akun mereka. Padahal, ini sangat berbahaya. Ketika peretas berhasil menembus salah satu akunmu, dengan mudah mereka juga akan mendapatkan akses ke akun lainnya.

Karena itu untuk mempertebal perlindungan, gunakan kombinasi password yang berbeda untuk setiap akun online Anda. Ayo lindungi keamanan data online Anda dengan memilih kata sandi yang tepat. Jangan sampai Anda mengalami hal yang kurang menyenangkan seperti Stefan Thomas, ya!

(DuniaFintech/Dita Safitri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Pengertian e-Polis Asuransi dan Contohnya

JAKARTA, duniafintech.com - E-polis asuransi adalah versi digital atau elektronik (polis digital) dari polis asuransi, termasuk asuransi kesehatan, yang kini mulai diterapkan oleh sejumlah...

Jadi Trending Twitter, Apa Itu Binance Coin (BNB)?

JAKARTA, duniafintech.com - Binance Coin (BNB) sedang trending di Twitter pada hari ini, Selasa (30/11), dan masih cukup hype sampai sekarang. Popularitas aset crypto...

Manfaat Asuransi Proyek hingga Daftar Rekomendasi Produknya

JAKARTA, duniafintech.com - Asuransi proyek adalah proteksi yang diberikan terhadap sektor proyek konstruksi yang diketahui punya risiko tinggi. Polis pertanggungan ini bakal memberikan perlindungan...

Cara Ikut Lelang Mobil Asuransi, Siapkan Persyaratan Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com - Lelang mobil asuransi adalah salah satu cara saat mengatasi ganti rugi. Sebagaimana jamak diketahui, di antara risiko yang dijamin dalam asuransi...

Varian Covid-19 Omicron Gagal Menjegal Bitcoin Cs

JAKARTA, duniafintech.com – Pada hari ini, Selasa (30/11) pagi waktu Indonesia, mayoritas harga kripto berkapitalisasi pasar besar (big cap) kembali diperdagangkan di zona positif. Hal...
LANGUAGE