26.1 C
Jakarta
Jumat, 10 Juli, 2020

Bank Indonesia Keluarkan Standar Nasional QR Code

duniafintech.com – Bank Indonesia (BI) menargetkan untuk mengeluarkan standar nasional kode respons cepat (QR Code) sesuai dengan standarisasi internasional pada akhir bulan ini.

Kode QR atau biasa dikenal dengan istilah QR (Quick Response) Code itu sendiri merupakan bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas.

Melihat QR code ini sebagai cara pembayaran yang lebih murah dan ke depan akan menjadi salah satu cara yang akan dipakai semua pihak. QR code merupakan prospek yang baik.

Baca juga : Malta Dengan Omnitude Tingkatkan Transportasi Publik

Onny Widjanarko selaku Direktur Eksekutif Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia mengatakan standar implementasi yang dikeluarkan bank sentral ini adalah tahap awal sebelum aturan resmi QR Code dikeluarkan.

“Jadi ini semacam pilot project sebelum aturan resmi dikeluarkan. Jadi dipastikan aman dulu,” kata Onny di IRTI Monas, yang dilansir dari CNBC, Rabu (23/5/2018).

Baca juga : Lazada Ngabuburit Puasale, Tebar Voucher Rp 1 Miliar!

Untuk kedepannya nanti, 12 pemain QR Code yang sudah mendapatkan izin dari bank sentral akan mengikuti standar implementasi tersebut. Melalui kebijakan ini, seluruh pemain QR Code akan terkoneksi satu sama lain.

“Kami akan lihat dulu kesiapan teknologi dari 12 ini. Ada bank dan non bank,” jelasnya.

Baca juga : Blockchain, Teknologi Masa Depan Human Resources

Apabila pilot project tersebut berhasil, maka Bank Indonesia akan merilis aturan QR Code bagi seluruh pelaku sistem pembayaran yang ingin berkecimpung dalam skema pembayaran canggih zaman now tersebut.

“September atau Oktober akan keluar aturan untuk seluruh Indonesia,” katanya.

Di kesempatan lain, Kepala Departemen Manajemen Risiko Eni V Panggabean beberapa waktu lalu juga mengatakan QR Code dapat menjadi salah satu metode pembayaran di masa depan yang diminati. Selain itu mampu mengalahkan pembayaran melalui mesin EDC atau mesin gesek kartu.

Written by : Dinda Luvita
Picture : Pixabay.com

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

PNM Mekaar Berbasis Digital Luncur, Mudahkan Pencairan Pembiayaan Nasabah

DuniaFintech.com – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan LinkAja meluncurkan pilot project PNM Mekaar berbasis digital di Pasar Minggu,...

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mencapai Masa Pensiun

DuniaFintech.com - Mencapai masa pensiun kadang terasa melegakan karena mengucapkan selamat tinggal kepada pekerjaan menumpuk, di sisi lain juga menjadi beban bagi...

Layanan TokoCabang di Tokopedia Bantu Pengusaha di Tengah Pandemi

DuniaFintech.com - E-commerce Tokopedia mengungkapkan adanya peningkatan pemanfaatan fitur TokoCabang, sebuah layanan untuk ketersediaan pasokan hingga pemenuhan permintaan selama masa pandemi COVID-19....

Mau Dapat Beasiswa? Kunjungi Beberapa Situs Ini

DuniaFintech.com - Siapa yang tidak mau dapat beasiswa? Rasanya, hampir setiap orang punya impian untuk meneruskan studi ke jenjang lebih tinggi, bukan?...

Pandemi Covid-19 Jadi Ajang Menuju Reformasi Memanfaatkan Teknologi

DuniaFintech.com - Pemerintah memandang masa krisis yang terjadi hingga saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan reformasi memanfaatkan teknologi. Inilah hikmah...
LANGUAGE