25.6 C
Jakarta
Minggu, 4 Desember, 2022

Berita Kripto Hari Ini: Nilai Transaksi Kripto Turun, Ini Penyebabnya

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini membahas seputar nilai transaksi aset kripto yang turun lumayan tajam. 

Nilai transaksi aset mata uang digital tersebut turun hingga 56,33 persen. Saat ini, pasar Kripto tampak lesu dihantam berbagai sentimen negatif. Meskipun demikian, jumlah investor Kripto justru terus tumbuh signifikan. 

Lantas bagaimana penjelasan lengkapnya, mari kita simak ulasan berita kripto hari ini. 

Nilai Transaksi Kripto Turun hingga 56,33 Persen– Berita Kripto Hari Ini

Nilai transaksi kripto di Indonesia terus menurun setelah mencapai puncaknya hingga Rp 133 triliun pada Mei tahun 2021.

Berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi atau Bappebti, pada Agustus 2022 transaksi kripto sebanyak Rp 16,9 triliun merosot drastis dari nilai transaksi Agustus 2021 yang mencapai Rp 99,91 triliun. 

Nilai transaksi Januari-Agustus 2022 ini juga turun 56,33 persen jika dibandingkan dengan periode Januari-Agustus 2021 yang mencapai Rp 570,79 triliun.

Melansir tempo.co, praktisi investasi Desmond Wira menyebut musim dingin kripto terjadi secara global, termasuk di negara Indonesia. Hal ini terlihat dari sepinya aktivitas di pasar kripto. 

“Siapa yang mau beli kripto kalau kondisinya seperti ini. Setiap kali beli, harganya cenderung turun,” katanya, dikutip Rabu (28/9/2022). 

Berita Kripto Hari Ini

Bukan Hanya di Kripto, NFT juga Demikian 

Menurut Desmond, sebagian besar investor kripto saat ini sedang menunggu. Mereka yang masih memegang aset cenderung tidak menjual koinnya. 

Sedangkan calon pembeli masih mengamati pergerakan di depan. Bahkan menurut dia, masa kelam ini tidak hanya terasa di koin kripto tetapi juga di pasar non-fungible token (NFT). 

NFT juga mengalami penurunan nilai transaksi. Aset digital tersebut saat ini sedang dalam gejolak pasar. 

Kemudian, Desmond mengatakan bahwa kripto kemungkinan bisa bergeliat kembali ketika suku bunga tinggi sudah reda. Namun, bisa juga terus menurun karena kripto bukan aset untuk investasi tetapi hanya untuk spekulasi. 

“Kalau aset lain seperti saham, saya percaya bisa pulih karena ada aset riilnya,” ujar Desmon. 

Tersengat Sentimen Global– Berita Kripto Hari Ini

Sementara itu, Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi Bappebti, Tirta Karma Senjaya, menyebut bahwa aktivitas perdagangan kripto di Indonesia tidak lepas dari perkembangan perdagangan kripto global. 

Dia mengatakan bahwa harga aset kripto terbesar, seperti bitcoin dan ethereum sedang melemah saat ini..

Baca jugaInvestasi Kripto Terpercaya, Ini 9 Aplikasi Bitcoin Terbaik

“Sehingga menurunkan minat investor di pasar yang bearish (melemah),” katanya.

Namun, Tirta meyakini optimisme pasar bahwa nilai aset kripto akan pulih dalam beberapa tahun mendatang. Karenanya itu, periode ini bisa menjadi kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk memperbaiki herbagai hal dalam industri kripto.

“Pelaku perdagangan dapat meningkatkan atau memperbaiki fitur-fitur di platformnya,” kata Tirta. 

Sementara itu, pemerintah membenahi sisi regulasi untuk menyambut pulihnya pasar di masa mendatang tersebut. 

Harga Kripto 27 September 2022, BTC dan ETH Berhasil Menguat

Harga Bitcoin dan kripto jajaran teratas lainnya terpantau mengalami pergerakan yang beragam pada perdagangan Selasa (27/9/2022) kemarin. 

Mayoritas kripto big cap ini kembali berada di zona hijau setelah sempat melemah pada hari sebelumnya. 

Baca jugaInvestasi Kripto Terpercaya bagi Pemula, Coba 5 Aplikasi Ini

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, Selasa 27 September 2022, pagi ini, kripto dengan kapitalisasi pasar terbesar, Bitcoin (BTC) kembali menguat 1,51 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih melemah 1,75 persen sepekan.

Saat ini, harga bitcoin berada di level USD 19.165 per koin atau setara Rp 291,1 juta dalam asumsi kurs Rp 15.190 per dolar AS. 

Kemudian Ethereum (ETH) juga berhasil menguat pagi ini. ETH naik 2,01 persen dalam 24 jam, tetapi masih melemah 3,77 persen dalam sepekan. Dengan begitu, saat ini ETH berada di level USD 1.325 per koinnya. 

Kripto selanjutnya adalah Binance coin (BNB) kembali meroket pada perdagangan hari ini. Dalam 24 jam terakhir BNB terbang 0,40 persen dan 2,20 persen sepekannya. Hal itu membuat BNB dibanderol dengan harga USD 275,37 per koinnya. 

Kemudian juga Cardano berhasil menguat pagi ini. Dalam satu hari terakhir ADA menguat 0,27 persen, tetapi masih melemah 1,20 persen sepekan. Dengan begitu, ADA berada pada level USD 0,4463 per koinnya. 

Harga Kripto Big Cap Lainnya– Berita Kripto Hari Ini

Kemudian adapun Solana (SOL) kembali menempatkan diri di zona hijau. Sepanjang satu hari terakhir SOL melesat 3,49 persen dan 2,66 persen sepekan. Saat ini, harga SOL berada di level USD 33,59 per koinnya. 

Sedangkan Kripto XRP harus rela melemah setelah sempat menguat beberapa hari lalu. XRP ambles 5,12 persen dalam 24 jam terakhir, tetapi masih menguat 23,37 persen sepekan. Dengan begitu, XRP kini dibanderol seharga USD 0,4717 per koinnya. 

Lalu Stablecoin Tether (USDT) dan USD coin (USDC), pada hari ini sama-sama menguat 0,01 persen. Hal tersebut membuat harga keduanya masih bertahan di level USD 1,00 per koinnya. 

Sedangkan kripto Binance USD (BUSD) melemah 0,02 persen dalam 24 jam terakhir, membuat harganya masih berada di level USD 1,00.

Adapun untuk keseluruhan kapitalisasi pasar kripto dalam 24 jam mengalami penguatan ke level USD 935,2 miliar dari sebelumnya di level USD 926,1 miliar.

Itulah ulasan seputar berita kripto hari ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat Anda. 

Baca jugaPlatform Investasi Kripto Terpercaya, Nomor Satu Punya 5,5 Juta Member

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.com.

 

Penulis: Kontributor/Panji A Syuhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Perusahaan Asuransi yang Diawasi OJK, Simak Ya Daftarnya

JAKARTA, duniafintech.com – Perusahaan asuransi yang sudah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan) hingga kini sudah banyak. Meski demikian, hanya sekitar 1,7 persen penduduk...

Outstanding Shares, Apa Itu? Ini Pengertian hingga Manfaatnya

JAKARTA, duniafintech.com – Outstanding shares merupakan salah satu istilah dalam dunia investasi saham yang wajib dipahami oleh investor. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada sebuah...

Kerugian Ikut Asuransi Prudential dan Keuntungannya, Cek Ya!

JAKARTA, duniafintech.com – Kerugian ikut asuransi Prudential dan keuntungannya perlu diketahui oleh nasabah dari perusahaan asuransi ini. Seperti diketahui, salah satu pertimbangan saat akan membeli...

Cara Pindah Faskes BPJS Berikut Syarat dan Ketentuannya

JAKARTA, duniafintech.com – Cara pindah faskes BPJS Kesehatan berikut ini sangat penting diketahui oleh para peserta asuransi satu ini. Cara pindah faskes-nya pun sebetulnya sangat...

Kripto Masuk Pembahasan RUU P2SK, Ini Respon CEO Indodax

JAKARTA, duniafintech.com - Rancangan Undang Undang (RUU) Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) resmi masuk ke dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR yang...
LANGUAGE