25.1 C
Jakarta
Selasa, 19 Oktober, 2021

Startup Halal Indonesia, Program Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia

DuniaFintech.com – Wah ada startup halal Indonesia? Hal tersebut tentunya membawa angin segar bagi masyarakat Indonesia mengingat Indonesia memilik presentase penduduk muslim terbesar di dunia.

Dengan hadirnya startup halal Indonesia, akan menghadirkan perusahaan bersertifikat halal sehingga menumbuhkan keyamanan umat dalam dunia industri.

Program Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC)

Oleh karena itu, Badan pengelola Masjid Istiqlal bersama BIG Indonesia meluncurkan program Istiqlal Indonesia Halal Center (IIHC). Program yang khusus dijadikan sebagai basis perusahaan rintisan atau startup halal Indonesia.

“Wajah baru Masjid Istiqlal disamping untuk ibadah dan dakwah juga didayagunakan untuk mengkaji ilmu, berkesenian, sosial dan pusat kegiatan ekonomi umat,” jelas Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.

Berdasarkan poin penting yang akan dikembangkan oleh IIHC adalah kolaborasi ekosistem halal program, Nasaruddin Umar menjelaskan IIHC menjadi bukti bahwa masjid kebanggaan nasional tersebut mampu memberdayakan umat Islam maupun seluruh warga negara Indonesia.

Baca juga:

Menurut Nasaruddin, Istiqlal bisa menjadi inkubator yang dapat melahirkan potensi-potensi luar biasa. Saat ini Indonesia sudah mempunyai regulasi terkait produk halal dan juga didukung oleh pemerintah serta fasilitas lain.

“Istiqlal hadir terutama untuk UKM, apa dan bagaimana jaminan produk halal. Bagaimana bisa menjadi ranah ekonomi produk halal ini menjadi suatu yang menjanjikan di masa depan” tambah Nasaruddin.

Hadirkan 5 Program Khusus untuk Startup

IIHC sendiri mengusung lima program khusus. Kelima program tersebut mengusung poin utama yakni inkubator dan akselerator produk halal Indonesia. Seperti platform aplikasi E-Istiqlal 2021, galeri produk halal, area store atau kawasan jual beli produk halal dan co-working space bersama pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Indonesia.

Tidak hanya itu, Direktur IIHC Retno Sumekar pun menambahkan, melalui program itu Masjid Istiqlal tidak hanya menjadi tempat ibadah, tetapi juga menjalankan aktivitas yang membawa kemanfaatan kepada masyarakat luas secara universal.

(DuniaFintech/ Dinda Luvita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

DIREKTORI LIST

ARTIKEL TERBARU

5 Fungsi Manajemen Keuangan dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Salah satu fungsi manajemen keuangan adalah bagaimana mengelola keuangan dari satu perusahaan dengan baik dan benar tentunya. Dari fungsi tersebut, usaha yang sedang dijalankan...

Gandeng Fintech Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Rp50 Miliar Bagi UMKM

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkolaborasi dengan perusahaan financial technology (fintech) pembiayaan berbasis aplikasi atau fintech lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu). Head...

Ini Alasan Maudy Ayunda Jadi Salah Satu Investor Startup Segari

Satu tahun beroperasi di Indonesia, Segari, startup grocery commerce terus catat pertumbuhan bisnis yang signifikan. Segari baru saja menyelesaikan pendanaan Seri A dari para...

Anuitas: Pengertian, Jenis, Contoh dan Cara Kerja

Anuitas adalah metode penghitungan bunga pinjaman dalam rangka memudahkan nasabah membayar angsuran setiap periodenya. Biasanya, sistem yang diterapkan adalah bunga mengambang atau efektif (floating...

Belum Punya Asuransi Kartu Kredit? Simak Pertimbangannya di Sini

Asuransi kartu kredit adalah produk perlindungan finansial yang diberikan oleh penerbit kartu kredit (CC atau credit card) kepada nasabah mereka. Proteksinya meliputi pembebasan tagihan...
LANGUAGE