25 C
Jakarta
Jumat, 7 Oktober, 2022

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil, Coba 8 Bisnis Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Usaha sampingan karyawan adalah hal penting yang wajib untuk kamu ketahui sebagai pekerja yang ingin berbisnis.

Meski menjadi seorang karyawan swasta atau PNS dapat menjadi sebuah kebanggan tersendiri sebab kamu dianggap punya penghasilan tetap setiap bulannya, tetapi sayangnya penghasilan bulanan yang diperoleh itu terkadang tidak mencukupi untuk menambah aset kekayaan, berinvestasi, dan menabung.

Nah, kalau kamu ingin menambah penghasilan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah membuka usaha sampingan. Saat ini, tersedia banyak usaha sampingan karyawan swasta yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan.

Namun, ingat ya bahwa usaha sampingan itu mestilah usaha yang dapat berjalan beriringan dengan aktivitasmu di kantor. Pasalnya, jangan sampai usaha sampingan itu malah menjadikanmu tidak produktif di kantor.

Berikut ini ulasan selengkapnya, seperti dinukil dari laman CIMB Niaga.

Baca juga: Usaha Sampingan Dapat Puluhan Juta? Ide Bisnis dengan Modal Kecil Ini Bisa Anda Coba

Usaha Sampingan Karyawan Modal Kecil

Di bawah ini disajikan beberapa usaha sampingan karyawan yang dapat menjadi pertimbangan untuk kamu yang memerlukan penghasilan ekstra di samping dari gaji bulanan.

1. Berjualan Kopi Racikan sebagai Usaha Sampingan Karyawan

Saat ini, usaha minuman kopi memang sedang digemari oleh banyak anak muda. Hal ini bisa menjadi peluang bagi kamu yang sedang memulai usaha sampingan karyawan. Menjual kopi racikan khasmu bukan berarti kamu mesti membuka kedai kopi besar ya. Pasalnya, kamu bisa menjajakan kopi racikan sendiri mulai dari rekan-rekan kantor atau kerabat dekat.

Cobalah untuk melakukan eksperimen untuk mendapatkan hasil racikan kopi yang lezat. Jika perlu, ambilah kursus barista terlebih dahulu agar kamu benar-benar memahami cara meracik kopi dan memilih biji kopi yang baik. Usaha sampingan karyawan yang satu ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan jika ditekuni dengan benar. Tidak ada salahnya mencoba hal baru bukan?

2. Menjual Bumbu Instan Siap Pakai

Pada era serba modern dan cepat ini, segala sesuatu memang dituntut disajikan secara cepat pula. Bahkan untuk urusan makanan. Sayangnya, karena hal tersebut banyak orang beralih pada makanan-makanan instan cepat saji yang tidak baik untuk kesehatan.

Jika kamu orang yang pandai membaca situasi maka tentunya ini bisa menjadi peluang memulai usaha sampingan karyawan swasta dengan modal kecil dengan cara menyajikan bumbu instan buatan sendiri. Dengan menjual bumbu instan atau makanan instan buatan sendiri tentu akan sangat membantu bagi orang lain yang tidak sempat memasak atau menyiapkan makanan sehari-hari. Kamu bisa membantu orang lain menyajikan masakan lebih praktis dengan bumbu dan bahan siap saji.

3. Reseller atau Dropship Barang Fashion Online

Usaha sampinganyang pertama, yakni menjadi reseller barang-barang fashion yang dijual secara online. Menjalankan bisnis ini pun tidak membutuhkan modal besar dan kamu hanya perlu menjual barang yang disediakan oleh supplier.

Nantinya, kamu bisa mulai menjajakan dagangan melalui media sosial yang dimiliki atau melalui e-commerce ternama. Mulailah dengan membangun kepercayaan konsumen, menjual barang-barang dengan kualitas baik dan harga bersaing.

Utamakan pelayanan konsumen dengan cepat tanggap membalas chat dan rutin melakukan update barang-barang terbaru. Hal ini bisa kamu lakukan pada jam istirahat kantor atau sepulang bekerja. Dengan menjadi reseller atau dropshiper Anda tidak perlu direpotkan dengan pengemasan dan pengiriman barang karena semua itu akan dilakukan oleh supplier. Kamu bisa mempertimbangakan usaha sampingan karyawan yang satu ini karena banyak karyawan swasta yang nyatanya juga menjalankan usaha sampingan karyawan menjadi reseller atau dropship barang fashion online.

usaha sampingan karyawan

4. Jasa Desain Grafis

Selain jasa penerjemah, banyak diantara kita yang dianugerahi kelebihan untuk menjadikannya sebagai usaha yang dapat menghasilkan uang. Salah satu jasa yang banyak dicari adalah jasa desain grafis. Jika kamu punya kelebihan dalam desain grafis maka gunakan kemampuanmu sebagai usaha sampingan karyawan. Anda bisa membuka jasa pembuatan logo, banner, kartu nama bahkan undangan pernikahan. Promosikan jasa kamu melalui internet atau social media agar dapat menarik banyak perhatian orang-orang yang akan menggunakan jasa kamu.

5. Usaha Barang Rental

Adapun usaha barang rental menjadi salah satu usaha sampingan karyawan yang juga banyak peminatnya. Kamu dapat membuka usaha barang rental apapun seperti rental kamera, alat camping, baju, kendaraan. Misalnya, kamu punya kamera DSLR yang bisa direntalkan dengan hitungan per jam. Selain kamera, kamu juga bisa menyewakan tripod, lensa dan alat-alat fotografi lain yang dimiliki.

Guna menghindari barang yang disewakan rusak, kamu dapat menerapkan sistem deposito terlebih dahulu. Kamu akan memotong langsung biaya perbaikan dari uang deposito yang disimpan oleh pengguna jasa sewa.

Baca juga: Ide Usaha Modal Kecil Untuk Karyawan, Cocok Buat Sampingan!

6. Broker Properti atau Kendaraan

Bisnis properti dan kendaraan bermotor memang sangat menjanjikan karena komisi yang ditawarkan biasanya cukup besar. Misalnya jika jatah komisi 1 persen dari harga properti yang dijual maka uang komisi yang kamu dapatkan cukup besar. Jika kamu memilih usaha sampingan karyawan dengan terjun kedunia bisnis properti atau kendaraan, pastikan pekerjaan utama kamu tidak terbengkalai.

Supaya pekerjaan tidak terbengkalai, kamu dapat memilih menjadi broker properti atau kendaraan secara online. Dengan menjadi broker properti atau kendaraan online, kamu bisa mengerjakan usaha ini dimana saja dan kapan saja. Jalin mitra dengan showroom kendaraan bermotor dan beberapa agen resmi perumahan. Bisnis yang satu ini bisa menjadi usaha sampingan karyawan swasta yang sangat menjanjikan.

7. Jasa Pembuatan Blog atau Website

Pada era teknologi seperti sekarang ini, keberadaan blog atau website tidaklah asing. Pengguna blog dan website tidak hanya sebagai sarana promosi semata. Kini pengguna blog dan website sudah mulai banyak diminati oleh perusahaan besar untuk menampilkan citra produk mereka.

Hal ini tentu bisa menjadi peluang bagi kamu yang yang mempunyai keahlian dalam desain blog atau website. Usaha sampingan karyawan yang satu ini hanya membutuhkan laptop dan koneksi internet yang memadai. Tawarkan harga yang sesuai dengan tingkat kesulitan pembuatan desain. Jangan lupa promosikan jasa membuat desain blog dan website melalui social media dan internet.

8. Jasa Freelance Penerjemah Bisa Menjadi Usaha Sampingan Karyawan

Kalau kamu adalah orang yang mempunyai kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, Italia, Korea, dan bahasa asing lainnya maka manfaatkanlah kemampuan itu untuk jadi usaha sampingan karyawan sebagai freelancer penerjemah.

Jasa freelancer penerjemah bisa berupa translate dokumen kantor, surat kabar, jurnal dan artikel. Tentukan tariff per kata. Jadi dalam sekali melaksanakan tugas Anda mendapatkan uang sebesar Rp100—Rp500 ribu.

Menjadikan jasa freelancer penerjemah sebagai usaha sampingan karyawan bisa menjadi salah satu alternatif usaha sampingan yang menjanjikan karena tidak memakan waktu lama dan pekerjaanya pun dapat dilakukan selepas pulang kantor.

Tips Memilih Usaha Modal Kecil Untung Besar Terbaik

1. Pilih yang sesuai dengan minat

Pertama, pastikan sebelum memulai usaha, kamu sudah memilih bidang usaha yang sesuai minatmu. Tujuannya agar usaha yang akan dijalani nantinya menjadi lebih mudah dan menyenangkan untuk dikerjakan.

Jika sudah dilandasi dengan minat tersebut maka kamu pun akan merasa lebih semangat dan pekerjaan membangun usaha ini juga akan terasa lebih ringan. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari memilih usaha yang tidak sesuai dengan minatmu.

Misalkan, jika punya skill atau hobi memasak maka tentunya akan lebih pas kalau kamu memilih memulai usaha kuliner dan semacamnya. Nah, dari hobi yang dimiliki, kamu bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan ke depannya.

2. Tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha

Kedua, tentukan waktu yang tepat untuk memulai usaha. Dalam hal ini, jangan sampai kamu menentukan waktu secara asal-asalan sebab memulai usaha bukanlah perkara main-main.

Di samping itu, jangan juga kamu nantinya terburu-buru karena memulai usaha memerlukan perhitungan yang cermat. Saat salah sedikit saja, kamu pun bisa merugi nantinya.

Sekian ulasan tentang usaha sampingan karyawan yang bisa kamu jajal sekarang juga. Semoga sukses ya!

Baca juga: Usaha Sampingan untuk Milenial dengan Modal Kecil Untung Lumayan

Baca terus berita fintech Indonesia dan kripto terkini hanya di duniafintech.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

-Inline sidebar-

ARTIKEL TERBARU

Ancaman Resesi Ekonomi Global 2023, Tetap Yakin Ingin Cicil Rumah?

JAKARTA, duniafintech.com - Ekonomi global diprediksi akan menghadapi resesi ekonomi global. Hal itu terlihat dari beberapa kebijakan bank-bank sentral di berbagai negara dengan mengeluarkan...

Pinjol Cepat Cair 2022 Limit Besar Resmi, Ini Rekomendasinya

JAKARTA, duniafintech.com – Pinjol cepat cair adalah pinjaman yang diajukan via aplikasi di smartphone, dengan proses pencairan dana cepat. Saat ini, pinjol yang berizin Otoritas...

Berita Kripto Hari Ini: Apa Kabar Bursa Kripto Indonesia?

JAKARTA, duniafintech.com – Berita kripto hari ini akan mengulas soal perkembangan bursa kripto Indonesia yang masih belum diluncurkan. Adapun sebelumnya, bursa kripto pun sempat molor—sebagai...

Berita Bitcoin Hari Ini: Sempat Menguat, Bitcoin Melemah!

JAKARTA, duniafintech.com – Berita Bitcoin hari ini akan mengulas soal harga Bitcoin dan kripto teratas lainnya dengan pergerakan yang beragam. Pada perdagangan pagi ini, mayoritas...

Kerangka Kerja Inklusi Keuangan Fokus Digitalisasi dalam Presidensi G20 Indonesia

JAKARTA, duniafintech.com - Presidensi G20 Indonesia menyusun Kerangka Kerja Inklusi Keuangan sebagai panduan bagi setiap negara untuk mendorong digitalisasi guna menciptakan ekonomi yang inklusif...
LANGUAGE