32.3 C
Jakarta
Sabtu, 20 April, 2024

Ingin Menabung untuk Liburan? Simak Dulu Yuk 5 Tipsnya Berikut Ini

JAKARTA, duniafintech.com – Pengin menabung untuk liburan? Baik itu untuk berlibur ke luar negeri maupun di kancah domestik, tabungan untuk liburan memang menjadi sesuatu yang sangat penting.

Meski demikian, kebanyakan orang masih saja bingung soal cara mengumpulkan uang untuk liburan yang tepat alias supaya uangnya gampang terkumpul. Memang, mengumpulkan dana untuk pergi berlibur menjadi tantangan sendiri dan menguras energi serta emosi.

Betapa tidak, soalnya acap kali akan datang godaan untuk membeli suatu barang yang sejatinya tidak terlalu Anda perlukan atau penting sekali hanya lantaran melihat uang tabungan yang tela lumayan terkumpul. Oleh sebab itu, untuk bisa sukses dalam menghimpun dana buat liburan, akan sangat diperlukan komitmen dan tekad.

Baca juga: Definisi Dana Darurat, Fungsi, hingga Tips untuk Menabungnya

Nah, berikut ini adalah beberapa tips di bawah ini supaya dana cepat terkumpul dan Anda pun bisa segera berangkat liburan dengan nyaman dan pastinya tanpa berutang!

  1. Buat Perencanaan jika Ingin Menabung untuk Liburan

Bagi sebagian orang, barangkali mereka pernah pergi berlibur tanpa membuat perencanaan sebelumnya. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin liburan yang lebih terstruktur, sebaiknya perencanaan menjadi kunci utamanya dalam hal ini.

Perencanaan yang dimaksud di sini mencakup berbagai hal penting dalam liburan, misalnya soal waktu/jadwal Anda akan pergi berlibur, dengan siapa bakal pergi, tempat wisata yang mau dikunjungi, dan seterusnya. 

Baca juga: Uang Dijamin Terkumpul, Ini Cara Menabung dengan Cepat Berhasil dalam Sebulan

Oleh sebab itu, ketika membuat perencanaan liburan, ada baiknya Anda menuliskan secara rinci hingga hal-hal terkecil yang berkaitan dengan liburan itu. Hal itu bakal membantu Anda untuk memperoleh gambaran soal bagaimana liburan Anda akan berlangsung nantinya.

Kemudian, buatlah pula perencanaan cadangan yang bisa Anda pakai seandainya perencanaan awal tadi tidak berjalan dengan sebagaimana mestinya. Seperti diketahui bersama, banyak hal yang mungkin terjadi di luar perencanaan saat berlibur, sebagai contoh beberapa tempat wisata yang ingin Anda kunjungi ternyata tutup! Oleh sebab itu, perencanaan cadangan ini bakal menjadi jawaban saat Anda di kondisi seperti itu.

  1. Menabung untuk Liburan dengan Membuat Anggaran

Ini juga penting agar liburan Anda nyaman nantinya, yakni membuat perencanaan kegiatan dan anggaran liburan. Sejatinya, waktu terbaik untuk membuat anggaran liburan ini ketika Anda sedang menabung untuk berlibur. Pasalnya, dengan adanya anggaran liburan, Anda akan punya usaha menabung itu akan lebih tertarget.

Dalam hal ini, buatlah anggaran utama sesuai dengan nominal asli yang Anda perlukan, lalu buatlah anggaran khusus sebagai uang untuk berjaga-jaga sekiranya terdapat pengeluaran yang tidak terduga ketika berliburan.

  1. Manfaatkan Promo dari Berbagai Perusahaan Terkait Pariwisata

Pada zaman sekarang ini, Anda bisa pergi berlibur tanpa harus bayar terlalu mahal. Tidak percaya? Eits, coba terlebih dahulu kamu perhatikan di sekitar Anda sebab akan terlihat banyak sekali promosi-promosi yang diadakan oleh berbagai perusahaan terkait perjalanan wisata.

Sebagai contoh nih, promo yang diadakan oleh sejumlah platform online travel agent yang biasanya mencakup tiket transportasi, akomodasi, hingga promosi tiket masuk ke berbagai tempat wisata. Tentunya, dengan memanfaatkan promo-promo itu, Anda bisa menghemat anggaran liburan nantinya.

Di antara tips untuk mampu berhasil memperoleh harga promosi, yakni dengan terus meng-update informasi soall kapan periode itu bakal dimulai, kemudian bandingkan juga promosi antara travel agent satu dengan yang lainnya agar Anda bisa mendapatkan harga yang lebih baik.

Baca juga: Simulasi Asuransi Mobil: Jenis hingga Cara Menghitungnya

Barangkali hal itu agak terkesan sulit dan ribet, tetapi yakinlah bahwa saat Anda berhasil menghemat anggaran tanpa harus mengurangi kualitas liburan impian, Anda bakal memperoleh rasa kepuasan tersendiri.

  1. Berhemat Dahulu, Kemudian Langsung Liburan!

Kunci untuk berhasil mengumpulkan uang untuk liburan berikutnya adalah dengan melakukan penghematan. Ingat lagi ya, kunci dari menabung adalah menyisihkan, bukan justru menyisakan.

Maka dari itu, kalau Anda telah mengantongi target dana yang akan digunakan untuk pergi berlibur maka Anda harus punya komitmen dan sedapat mungkin disiplinlah dalam menyisihkan pundi-pundi untuk ditabung.

Yuk, lupakan dahulu urusan konsumtif lainnya semisal nongkrong di cafe, makan di restoran mahal dan lain sebagainya. Ini semua perlu dilakukan agar Anda bisa fokus terhadap tujuan itu dan pesan yang paling penting adalah tetap berhemat!

  1. Menabung buat Liburan dengan Produk Pendanaan

Anda perlu tahu bahwa menyimpan uang yang begitu banyak di tabungan dapat menyebabkan kerugian. Hal itu akan terjadi lantaran uang yang disimpan di tabungan biasa tidak bakal berkembang secara signifikan dan justru akan terpotong biaya administrasi di setiap akhir bulan.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menabung untuk liburan, sebaiknya pula Anda mempertimbangkan untuk menyimpan uang Anda di produk pendanaan yang bisa mendatangkan keuntungan signifikan untuk Anda nantinya.

Selamat berlibur!

 

 

 

 

Penulis: Kontributor/Boy Riza Utama

Admin: Panji A Syuhada

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Iklan

ARTIKEL TERBARU

LANGUAGE